Teheran (ANTARA) - Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan serangan rudal pada Selasa (1/10) merupakan respons atas kekejaman yang terus dilakukan rezim Israel, serta memperingatkan bahwa kesalahan sekecil apa pun yang dilakukan Tel Aviv akan memicu balasan yang lebih kuat dan menghancurkan.

Pada Rabu (2/10) malam, Pezeshkian bertemu dengan delegasi tingkat tinggi gerakan perlawanan Palestina, Hamas, di Doha, Qatar, bersamaan dengan kunjungan dua hari presiden Iran itu di Qatar.

Pezeshkian menggambarkan pembunuhan kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran sebagai salah satu peristiwa paling menyakitkan dalam hidupnya.

Pezeshkian mengenang saat ia memeluk Haniyeh pada upacara pelantikannya, hanya untuk mengetahui beberapa jam kemudian tentang pembunuhan pengecut Haniyeh oleh rezim Israel.

Presiden Iran itu mengutuk kekejaman yang dilakukan oleh Israel di Gaza dan Lebanon, serta mengkritik kemunafikan Amerika Serikat dan negara-negara Barat yang mengaku mendukung demokrasi dan hak asasi manusia, namun mendukung rezim Israel. 

Merujuk pada Operasi Janji Sejati 2 pada Selasa malam, Pezeshkian menyebutkan bahwa Barat telah membuat janji-janji palsu kepada Iran untuk tidak membalas pembunuhan Haniyeh sebagai imbalan atas gencatan senjata di Gaza. 

“Kelanjutan kekejaman yang dilakukan oleh rezim Israel telah memicu tanggapan tegas dari angkatan bersenjata Republik Islam Iran, dan tentu saja, rezim ini akan menerima balasan yang lebih kuat dan menghancurkan jika mereka melakukan kesalahan sekecil apa pun lagi,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Presiden Iran menyerukan persatuan di antara negara-negara Muslim, memperingatkan bahwa kurangnya persatuan itu telah membuat rezim Israel semakin berani melakukan lebih banyak kejahatan terhadap rakyat Palestina dan Lebanon.

Sumber: IRNA-OANA

Baca juga: Iran peringatkan AS untuk tidak ikut campur urusannya dengan Israel
Baca juga: Pezeshkian: Netanyahu harus tahu Iran berdiri teguh lawan ancaman
Baca juga: Iran: Aksi kami terhadap Israel selesai kecuali mereka lakukan balasan
Baca juga: Iran: Serangan ke Israel atas dasar 'hak pembelaan diri yang sah"
Baca juga: Iran bakal gempur pangkalan sekutu Israel jika diserang

​​​​​​​

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024