Rumah Yatim Arrohman Indonesia berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas generasi muda khususnya anak yatim sehingga memiliki kompetensi, kreativitas, dan inovasi yang tinggi,
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Rumah Yatim Arrohman Indonesia meluncurkan program "Yatim Bisa" untuk meningkatkan kualitas generasi muda dalam rangka mendukung visi Indonesia Emas 2045.

"Rumah Yatim Arrohman Indonesia berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas generasi muda khususnya anak yatim sehingga memiliki kompetensi, kreativitas, dan inovasi yang tinggi," kata Direktur Utama Yayasan Yatim Arrohman Indonesia, Nugroho Bejo Wismono saat peluncuran program "Yatim Bisa" di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Polres Jakut bagikan 300 paket makan siang untuk anak yatim

Acara itu digelar atas kolaborasi Yayasan Rumah Yatim Arrohman Indonesia bersama Maybank Syariah dan Platform Digital Tokopedia.

Kegiatan strategis ini untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat, maju, adil, dan makmur pada tahun 2045.

Menurut Nugroho, dibalik semua peluang yang ada, tantangan di depan mata begitu nyata. Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai 280,73 juta jiwa (BPS 2023), namun sekitar 4 juta dari penduduk tersebut adalah anak yatim dan yatim piatu.

Baca juga: Baznas salurkan dana umat pada ratusan anak yatim di Kepulauan Seribu

Berdasarkan pengalaman selama 18 tahun mengelola anak yatim dan dhuafa di Indonesia, kata dia, Rumah Yatim terus berupaya melakukan ragam inovasi dan kolaborasi untuk menebar kemanfaatan bagi anak-anak yatim di Indonesia.

"Salah satu langkah besar dan strategis yang dilakukan adalah dengan membuat inovasi program pemberdayaan anak yatim secara komprehensif melalui gerakan yang kami sebut dengan 'Yatim Bisa' di Indonesia," tuturnya dalam keterangan tertulisnya.

Nugroho mengungkapkan gerakan program ini merupakan simbol kebangkitan anak Yatim untuk mendapatkan akses jenjang pendidikan yang berkualitas.

Baca juga: Pemkot Jaksel bagikan sembako dan santuni anak yatim di Hari Buruh

"Kami berkomitmen terus mendukung menuju Indonesia Emas 2045 nanti dengan mendorong sisi layanan kesehatan setara, pemenuhan kebutuhan pangan dan papan yang layak serta pengembangan bakat dan skill untuk yatim," kata dia.

Di tahap awal, program ini diharapkan bisa membantu puluhan ribu anak yatim di Indonesia melalui intervensi program Yatim Bisa Sekolah, Yatim Bisa Sehat, Yatim Sisa Sejahtera dan Yatim Bisa Ibadah.

Sebagai simbolisasi peluncuran program "Yatim Bisa", Rumah Yatim menggandeng Maybank Syari’ah sebagai mitra strategis dalam pada acara grand opening Yatim Bisa yang diserahkan bantuan uang tunai dari Maybank Syariah Rp457,8 juta.

Direktur Maybank Syariah, Nanang Hendriantono menambahkan pihaknya terus meningkatkan kualitas kolaborasi dengan Rumah Yatim itu dengan meluncurkan program "Yatim Mulia".

"Kami mengajak masyarakat luas dan dunia usaha untuk berinvestasi dengan Danareksa. Nah, sebagian dari keuntungan atau bagi hasil minimal selama 10 bulan diserahkan kepada Rumah Yatim Arrohman Indonesia," kata Nanang.

Pihaknya pun terus berkomitmen untuk mendukung program-program kebaikan yang diluncurkan Rumah Yatim.

"Tidak hanya Program Yatim Bisa, tetapi program lain yang tujuannya membantu untuk kebaikan masyarakat, khususnya. generasi muda, terus komit," ucapnya.

Sementara itu, Senior Vice President of Sales, Operation and Product Tokopedia, Rudy Azhary Dalimunthe menjelaskan, pihaknya sudah bertahun-tahun berkolaborasi dengan Rumah Yatim, sebagai mitra platform digital yang memberi kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

"Kami terus berkomitmen menjadi yang terdepan bersinergi dengan Rumah Yatim dalam memudahkan masyarakat membayarkan ZIS. kerja sama ini akan terus ditingkatkan," ujarnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024