Posko itu sebagai titik temu bersama dan menjadi wadah koordinasi serta sarana komunikasi yang intensif dan berjenjang
Jakarta (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Utara menyatakan komitmen untuk menyukseskan Pilkada DKI Jakarta dengan membentuk Posko bersama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024.

"Posko itu sebagai titik temu bersama dan menjadi wadah koordinasi serta sarana komunikasi yang intensif dan berjenjang, posko bersama ini mulai diaktifkan hingga 15 Desember 2024," kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim saat peluncuran desk pilkada / Posko Bersama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Bawaslu DKI ingatkan paslon tak saling serang saat debat Pilkada 

Ia menjelaskan desk pilkada/posko bersama ini bertujuan memantau pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian memberikan saran terhadap penyelesaian permasalahan-permasalahan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Selanjutnya, memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat dalam setiap tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Posko Bersama Pilkada DKI tersedia di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan

Menyampaikan informasi dan laporan secara berjenjang sesuai tingkatan pelaksanaan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Ia mengatakan untuk posko bersama tingkat Kota Jakarta Utara berada di Blok P lantai delapan Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara.

Menurut dia pembentukan posko ini adalah semangat kebersamaan untuk menyukseskan Pilkada DKI Jakarta yang dijadwalkan akan berlangsung pada 27 November 2024.

"Semoga pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif," kata dia menambahkan.

Baca juga: Ketiga calon gubernur siap hadapi debat perdana Pilkada DKI

Berdasarkan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara memiliki 2.386 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 31 kelurahan sedangkan jumlah pemilihnya mencapai 1.345.815 pemilih.

Sebelumnya KPU DKI Jakarta menetapkan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta yang akan digelar pada Rabu 27 November 2024.

Ketiga pasangan calon tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) nomor urut 1,  Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen nomor urut 2, dan  Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) nomor urut 3.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024