Respons cepat ini sebagai bentuk peran dan pengabdian dari keberadaan TNI AL yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar
Batam (ANTARA) - Pangkalan TNI AL (Lantamal IV) Batam, Kepulauan Riau (Kepri) meningkatkan kesiapsiagaan dalam merespons cepat kejadian-kejadian di masyarakat sesuai amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh satuan TNI AL agar memberikan pengabdian terbaiknya.

“Pada dasarnya kami siap dalam mendukung keamanan masyarakat Kepri,” kata Komandan Satrol (Dansatrol) Lantamal IV Batam Kolonel Laut (P) Tony Priyo Utomo dikonfirmasi di Batam, Kamis.

Dia menjelaskan Lantamal IV sudah menyebarkan Pos Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut atau Posal ke berbagai tempat strategis di Kepri. “Lantamal IV sudah mendeploy Posal diberbagai tempat strategis di Kepri dilengkapi dengan kapal patroli,” katanya.

Baca juga: Lantamal IV/Batam tangkap kurir 19 kg sabu dan empat PMI ilegal

Tim tersebut, kata dia, bersiaga 24 jam siap menerima laporan dari masyarakat. Terlebih memasuki akhir tahun di mana wilayah perairan Kepri mengalami kenaikan tinggi gelombang. “24 jam kami standby untuk segala laporan masyarakat,” kata Tony.

Lantamal IV Batam juga memiliki nomor khusus “call center” untuk masyarakat melapor bila melihat, mengalami atau mengetahui kejadian di laut yang membutuhkan pertolongan. Masyarakat dapat menghubungi nomor telepon 0821-707-784-496.

Mengantisipasi cuaca ekstrem serta gelombang tinggi di wilayah Kepri, Lantamal IV Batam mengimbau masyarakat untuk melengkapi alat keselamatan di kapal, seperti swemvest harus sesuai dengan jumlah personel di kapal, tidak melebihi kapasitas muatan, peralatan navigasi mencukupi.

“Selalu update ramalan cuaca dan memiliki aplikasi ramalan cuaca. Standby radio marine band sewaktu-waktu butuh batuan atau hotline,” kata Tony.

Baca juga: Lantamal IV Batam tetapkan anggota TNI AL sebagai tersangka TPPO

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengapresiasi respon cepat yang dilaksanakan Lantamal IV Batam saat membantu penanganan hingga berhasil mengevakuasi 12 ABK kapal roro KMP Tandeman yang terbakar di dekat perairan Punggur, Kota Batam (2/10).

Kasal menegaskan kepada seluruh satuan TNI AL agar selalu merespon cepat terhadap kondisi-kondisi darurat yang terjadi di masyarakat, khususnya yang membutuhkan bantuan unsur bantuan maupun personel TNI AL.

“Respons cepat ini sebagai bentuk peran dan pengabdian dari keberadaan TNI AL yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” kata Kasal dalam keterangannya.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024