Jakarta (ANTARA) - GoPay dari PT Goto Gojek Tokopedia (BEI:GOTO) memperkenalkan inovasi fitur Split Bill untuk mempermudah berbagai pembayaran bersama atau patungan bagi pengguna untuk memotret struk pembayaran, menagih, dan membayar di satu aplikasi.
 
"Fitur Split Bill ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai pengeluaran bersama, mulai dari patungan saat makan bareng teman di restoran atau tempat kumpul-kumpul lainnya, bayar arisan, pengeluaran selama liburan hingga berbagi tagihan rutin bulanan lainnya," kata Head of GoPay Wallet Kelvin Timotius, dikutip dari keterangan resminya di Jakarta, Kamis.
 
Sebagai contoh, fitur Split Bill di aplikasi GoPay dapat menghitung otomatis pembagian nominal yang harus dibayar oleh masing-masing orang saat makan bersama. Penghitungan otomatis ini mencakup nominal pemesanan makanan dan minuman, pajak, dan biaya layanan restoran.

Baca juga: GoTo bawa inovasi AI lewat Dira si asisten suara berbahasa Indonesia

Baca juga: GoPay gratiskan transaksi QRIS bagi UMKM

 
Split Bill memudahkan pengguna untuk berbagi tagihan dengan sejumlah manfaat, yaitu penghitungan struk otomatis dengan teknologi kecerdasan buatan Optical Character Recognition (OCR), penagihan langsung lewat aplikasi, dan pengecekan status pembayaran.
 
Untuk penghitungan struk otomatis, pengguna cukup memfoto struk, lalu teks otomatis akan terbaca dengan akurasi lebih dari 90 persen. Menariknya, teknologi OCR by GoTo AI dalam fitur tersebut dapat memproses penghitungan secara otomatis sesuai nominal setiap anggota yang ikut patungan atau membayar.

Terdapat dua opsi Split Bill yang dapat digunakan di aplikasi GoPay. Pertama, pengguna hanya perlu memotret struk pembayaran untuk perhitungan jumlah patungan secara otomatis. Cara kedua, pengguna dapat membagi nominal secara merata maupun membagi sesuai kebutuhan.

Selain itu, fitur Split Bill dapat menagih secara langsung pembayaran tagihan melalui nomor telepon yang terdaftar di akun GoPay. Jika orang yang ditagih belum memiliki aplikasi GoPay maupun Gojek, notifikasi tagihan akan dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp.

Terakhir, pengguna dapat mengecek status pembayaran tagihan dengan mudah. Saat Split Bill berhasil dibuat, anggota patungan akan menerima rincian tagihan dalam bentuk notifikasi “Bayar Split Bill” di aplikasi GoPay mereka.
 
Pengguna bisa langsung memproses pembayaran tanpa perlu menanyakan nomor rekening, cukup dengan konfirmasi nomor ponsel tujuan. Nantinya, akan ada notifikasi otomatis yang muncul di akun GoPay.
 
 
 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024