lebih ke hal-hal yang memang bersifat gagasan, adu program, visi misi dan sebagainya
Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno, cak Lontong yakin debat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 tidak akan saling menyerang lawan secara personal (pribadi).
 
"Jadi dalam konteks ini sebenarnya tidak ada sedikitpun pikiran atau mungkin strategi yang mengarah pada saling menyerang apalagi secara pribadi, individu, saya kira kita akan jauh dari itu. Tapi kita lebih ke hal-hal yang memang bersifat gagasan, adu program, visi misi dan sebagainya," kata Ketua Tim Pemenangan Pramono Anung-Rano Karno, Lies Hartono alias cak Lontong di Jalan Cemara 19, Jakarta Pusat, Kamis.

Baca juga: Bawaslu DKI ingatkan paslon tak saling serang saat debat Pilkada 
 
Cak Lontong menyebut suasana debat Pilkada Jakarta 2024 akan berbeda dengan debat pemilihan presiden (Pilpres). Komitmen tidak menyerang secara pribadi ini sudah digaungkan sejak Pramono-Rano dicalonkan menjadi kandidat di Pilkada Jakarta 2024.
 
Buktinya, Pramono-Rano selalu menekankan Pilkada Jakarta 2024 disambut dengan riang gembira dan merangkul semua pihak.
 
"Kalau toh mungkin itu terjadi, kita pastikan bahwa itu bukan kita," ujar cak Lontong.

Baca juga: Posko Bersama Pilkada DKI tersedia di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan
 
Dalam kesempatan itu, cak Lontong juga mengungkit penunjukan dirinya sebagai Ketua Tim Pemenangan Pramono-Rano yang sama sekali tidak memiliki latar belakang politik.
 
"Saya akan sampaikan bahwa kita akan memulai apapun dengan tertawa, saya ke mana-mana katakan itu. Jadi pokoknya happy (gembira) saja," ujar Cak Lontong.
 
Lebih lanjut, cak Lontong menjelaskan, Pramono-Rano sudah sangat mempersiapkan diri menjadi pemimpin di Jakarta dengan memanfaatkan ajang debat yang menjadi salah satu proses yang harus dilewati untuk bisa maju menuju kemenangan.
 
"Jadi persiapan bukan khusus menyiapkan debat, tapi sejak awal beliau berdua sudah siap mempersiapkan segalanya untuk menjadi pemimpin di Jakarta. Jadi kalau nanti ketika melewati debat, saya kira mereka berdua lebih siap, prinsipnya debat itu mengadu visi misi program, menjawab problem warga Jakarta," ucap cak Lontong.

Baca juga: Ketiga calon gubernur siap hadapi debat perdana Pilkada DKI
 
Cak Lontong menilai, Pramono-Rano sudah siap lahir dan batin menjadi pemimpin Jakarta dan sudah melakukan pendekatan ke masyarakat untuk mempertajam permasalahan warga Jakarta.
 
Sementara itu, Ketua Harian Tim Pemenangan Pramono-Rano Prasetyo Edi Marsudi menambahkan pasangan Pramono-Rano ini membawa kampanye riang gembira.
 
"Di rapat saya sampaikan kita tidak boleh menyerang. Kalau menyerang, itu bukan kita. Tapi alhamdulillah kemarin kita diserang dengan hoaks, kita bisa jawab, kita kerja saja, mendekati ke masyarakat, apa sih permasalahan Jakarta," ucap Prasetyo.
 
Hindari istilah sulit
 
Dalam kesempatan itu, cak Lontong berharap istilah atau singkatan yang menyulitkan tidak digunakan oleh kandidat calon gubernur dan wakil gubernur yang mengikuti debat Pilkada Jakarta 2024.
 
Menurut cak Lontong, debat Pilkada 2024 merupakan ajang untuk menarik simpatik publik, sehingga Pramono-Rano dipastikan akan menghindari penggunaan singkatan-singkatan yang menyulitkan.
 
"Menurut saya itu (istilah-istilah) hal yang bersifat manipulatif dan saya kira Pramono-Rano tidak akan menggunakan itu," kata cak Lontong.
 
Bagi cak Lontong, lebih baik setiap pasangan calon fokus untuk saling beradu gagasan, visi-misi dan program-program yang ditawarkan ke masyarakat Jakarta.
 
"Kalau tujuan kita hanya ingin saling jegal, apa lagi ada yang punya niat untuk memalukan pasangan lain dengan cara itu tadi, dengan menggunakan istilah-istilah yang secara awam hanya dia yang tadi, berharap pasangan lain enggak tahu, saya kira itu kan sangat tidak edukatif untuk masyarakat," jelas cak Lontong.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan transformasi Jakarta menjadi kota global menjadi tema debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (6/10).
 
Debat cagub-cawagub Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat pada pukul 19.00 WIB.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024