Ambon (ANTARA) - Menteri Sosial Saifullah Yusuf menyerahkan bantuan sosial senilai Rp29.884.920.800 kepada masyarakat Maluku pada kesempatan kunjungan kerjanya ke daerah itu.

"Bantuan ini terdiri atas Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sembako, bantuan buffer stock kesiapsiagaan, bantuan bakti sosial, serta santunan bagi ahli waris korban bencana kebakaran," kata Saifullah Yusuf di Ambon, Kamis.

Dalam kunjungan kerjanya itu Mensos yang kerap disapa Gus Ipul turut didampingi Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie. Ia juga menyerahkan sejumlah bantuan sosial lainnya yang dipusatkan di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku.

Saat penyerahan bantuan, masyarakat nampak antusias untuk mendapatkan bantuan yang diserahkan langsung oleh Mensos. Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu upaya mengendalikan kemiskinan di Maluku, ujarnya.

Atas bantuan yang diberikan itu Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Maluku memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Mensos dan rombongan yang sudah menyempatkan waktu untuk hadir di Kota Ambon dan memberikan sejumlah bantuan.

"Aset dari Kementerian Sosial berupa kendaraan roda empat dan roda dua kami harapkan juga bisa dihibahkan, sehingga Pemerintah Provinsi Maluku bisa menganggarkan biaya operasional dalam APBD," ujarnya.

Dia juga berharap kunjungan Mensos ini dapat berkontribusi serta berdampak untuk kesejahteraan masyarakat di Provinsi Maluku.

Sebelumnya telah direncanakan bantuan tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Maluku yang dijadwalkan pada 3 Oktober 2024. Namun karena satu dan lain hal Jokowi membatalkan kunjungannya ke Maluku.

Baca juga: Mensos sebut Pemerintah terus sinkronisasi data penerima bansos
Baca juga: Kemensos perkenalkan visi jaminan sosial sepanjang hayat


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024