Mereka bimbingan kami ini sudah mengerti budaya bekerja, dan memang bagus kerjanya. Jadi sayang kalau dilepas. Jadi Alhamdulillah, saya dapat pegawai tidak susah dan sudah tahu kualitasnya seperti apa...
Banjarmasin (ANTARA) -
Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan (Kalsel) melibatkan puluhan dosen praktisi atau praktisi mengajar dari mitra industri untuk meningkatkan wawasan mahasiswa di dalam kelas perkuliahan.
 
"Jadi teman-teman dari mitra industri kita ikutkan mengajar di kelas perkuliahan," ujar Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Kamis.
 
Sebagaimana diketahui, ungkap dia, Poliban memiliki banyak mitra industri, tidak hanya kerja sama dalam bidang magang, namun juga pendidikan yakni praktisi mengajar.
 
Menurut dia, Program Praktisi Mengajar dengan melibatkan mitra industri ini sudah angkatan ke-4, diikat dengan penandatanganan Implementation Agraeement (AI).

Baca juga: Poliban undang akademisi jepang, dalami ilmu tanah rawa di Kalsel
 
"Pada tanggal 27 September 2024 kami lakukan penandatangan AI tersebut dengan 21 dosen praktisi dari mitra industri dengan total 21 rencana kelas kolaborasi," ujarnya.
 
Joni Riadi mengungkapkan Program Praktisi Mengajar dengan mitra industri ini menjadi bagian program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI bagi pendidikan tinggi vokasi.
 
"Sebenarnya sebelum program ini diluncurkan Kemendikbudristek, kampus kita sudah melaksanakan itu dengan melibatkan praktisi mengajar dalam kelas perkuliahan," ucapnya.
 
Dia menyampaikan komitmen kampusnya dengan mitra industri yang banyak berkontribusi bagi peningkatan kualitas pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

Baca juga: Guru besar dari Jepang kuliah umum terkait AI di Poliban Kalsel
 
"Kami selalu berkomitmen pada teman-teman industri dan kami paham mitra industri sangat banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan dengan membawa ilmu di dunia industri ke dalam ruang kelas, dan kami sangat berterima kasih sekali," ujarnya.
 
Selain memperkuat sinergi antara praktisi di dunia kerja dan akademisi di dunia pendidikan, kata dia, praktisi mengajar memudahkan para industri untuk merekrut sumber daya yang unggul dan tentunya sesuai dengan apa yang dibutuhkan industri.
 
Salah seorang dosen praktisi mengajar Poliban Andi Riza Syafarani menyampaikan perusahaannya sangat erat bekerja sama dengan Poliban Kalsel hingga perekrutan tenaga kerja.

Baca juga: Poliban programkan 52 kegiatan pengabdian kepada masyarakat
 
"Kami merekrut dari lulusan Poliban sendiri, ada lima orang yang kami rekrut, dua dari bisnis digital dan tiga dari administrasi bisnis, mereka ini adalah bimbingan kami sendiri sejak praktisi mengajar angkatan 1," ucapnya.
 
Praktisi mengajar yang menjabat Direktur PT Jawaradata Nusantara tersebut menyampaikan, dengan adanya praktisi ini perusahaannya tidak perlu melakukan training lagi, karena saat magang mahasiswa sudah dilibatkan dalam aktivitas perusahaan.
 
"Mereka bimbingan kami ini sudah mengerti budaya bekerja, dan memang bagus kerjanya. Jadi sayang kalau dilepas. Jadi Alhamdulillah, saya dapat pegawai tidak susah dan sudah tahu kualitasnya seperti apa, semoga kedepannya dengan Poliban ini kita bisa menjalin kerja sama yang lebih luas lagi," ujarnya.

Baca juga: Tiga politeknik negeri bentuk konsorsium pendidikan pertambangan

Pewarta: Sukarli
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024