Kami harapkan debat ini menjadi panggung terbuka bagi para kandidat yang maju di Pilkada Jakarta untuk menyampaikan visi dan misinya secara terbuka
Jakarta (ANTARA) -
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta mengingatkan agar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tidak saling menyerang secara personal saat debat perdana Pilkada Jakarta yang berlangsung di JI-EXPO Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10).
 
"Kami harapkan debat ini menjadi panggung terbuka bagi para kandidat yang maju di Pilkada Jakarta untuk menyampaikan visi dan misinya secara terbuka. Jangan sampai debat ini menjadi debat kusir, dengan saling menyerang secara personal masing-masing pasangan calon. Yang ditanggapi adalah argumentasinya," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta, Benny Sabdo di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Tinjau Sungai Ciliwung, RK ingin realisasikan transportasi air di DKI
 
Menurut dia menyerang secara personal itu dilarang, bahkan dalam etika debat, itu tidak boleh.
 
"Maka kami mengimbau kandidat untuk menyampaikan visi dan misi secara produktif dan terbuka," ujarnya.
 
Sehingga, lanjut Benny, masyarakat sebagai pemilih dapat menilai secara terbuka siapa sosok calon yang tepat untuk menjadi pemimpin di Jakarta.

Baca juga: Pramono-Rano janji buat perda untuk kemajuan budaya Betawi
 
"Masyarakat mempunyai referensi yang cukup terhadap masing-masing kandidat ini untuk menentukan pilihan pada 27 November 2024," katanya.
 
Untuk mengantisipasi pelanggaran, Bawaslu Jakarta akan hadir di lokasi untuk mengawasi secara langsung penyelenggaraan debat cagub-cawagub dalam Pilkada Jakarta 2024.
 
"Tentu dalam debat, kami sebagai pengawas pemilu memiliki tugas mengawasi tahapan pemilihan, termasuk dalam tahapan debat ini," kata Benny.
 
Oleh karena itu, dia meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta untuk memberi akses pengawasan pada penyelenggaraan debat Pilgub 2024.

Baca juga: Dharma janjikan penganggur Jakarta pekerjaan padat karya
 
"Kami meminta kepada KPU agar memberikan tempat, sehingga dalam pengawasan debat nanti, kami hadir secara langsung untuk melakukan pengawasan secara melekat," paparnya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan transformasi Jakarta menjadi kota global menjadi tema debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (6/10).
 
Debat cagub-cawagub Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai pukul 19.00 WIB dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global".
 
Durasi debat dijadwalkan berlangsung sekitar 150 menit dengan masing-masing pelaksanaan selama 120 menit dan 30 menit untuk jeda iklan.
 
KPU DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (22/9).
 
Ketiga paslon tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) nomor urut 1 dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen nomor urut 2 serta Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) nomor urut 3.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024