Itu semua sedang kita matangkan dan bicarakan bersama. (Jumlah AKD) belum ada
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR RI akan dirampungkan dan ditetapkan sebelum kabinet baru pemerintahan mendatang diumumkan.

"Insya-Allah (AKD) akan diumumkan dan kami selesaikan sebelum kabinet yang akan datang diumumkan," kata Puan usai menghadiri Sidang Paripurna Ke-3 dengan agenda pelantikan Pimpinan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senayan, Kamis.

Dia menyebut pembahasan terkait AKD di DPR RI akan langsung digulirkan secepatnya setelah pihaknya menerima susunan nomenklatur kabinet pemerintahan mendatang.

"Secepatnya akan kami bahas sesuai dengan mekanismenya, setelah sudah ada berita bagaimana rencana presiden terpilih ke depan terkait dengan kabinet yang akan datang," ujarnya.

Menurut dia, AKD di DPR RI sedapat mungkin akan menyesuaikan dengan pos-pos kementerian dan/atau lembaga di pemerintahan presiden terpilih periode mendatang.

Dia juga menyebut pihaknya masih melakukan pembahasan terkait kemungkinan adanya komisi di DPR RI yang akan dilebur untuk menyesuaikan dengan jumlah kementerian pemerintahan mendatang.

Termasuk, lanjut dia, pembahasan terkait kemungkinan adanya AKD baru yang dibentuk menyusul wacana penambahan nomenklatur kementerian pada pemerintahan mendatang.

"Itu semua sedang kita matangkan dan bicarakan bersama. (Jumlah AKD) belum ada," ucapnya.

Baca juga: Rapat Paripurna DPR setujui penetapan keanggotaan fraksi AKD 2023-2024

Baca juga: Puan beberkan fungsi pengawasan AKD DPR RI


Dia pun memastikan anggota DPR RI periode 2024-2029 yang baru saja dilantik pada Selasa (1/10) sudah akan bekerja sekalipun AKD baru akan ditetapkan sesaat sebelum kabinet baru terbentuk pada 20 Oktober.

Sebab, dia menyebut masih banyak hal yang harus diselesaikan. Di antaranya, konsolidasi internal para fraksi partai politik DPR RI periode 2024-2029.

"Mereka harus lebih memahami seperti apa DPR, mereka juga harus saling bertemu, masih banyak lagi pertemuan terkait apa itu DPR dan sebagainya. Kemudian konsolidasi fraksi. Kami akan menetapkan dulu pimpinan fraksi," tuturnya.

Dia lantas berkata, "Ini kan waktunya hanya seminggu sebelum penetapan komisi-komisi dan penetapan AKD-AKD".

Dia memastikan pula para anggota DPR RI periode 2024-2029 akan tetap berkantor ke Senayan sekalipun AKD belum ditetapkan.

"Mereka pasti akan datang ke kantor bertemu dengan pimpinan fraksi yang sudah ditentukan," ucap dia.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024