Natuna (ANTARA) -
Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di wilayah perbatasan yakni di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, memeriahkan HUT ke-79 dengan memamerkan alat utama sistem senjata (alutsista).
 
Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ranai, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman di Natuna, Kamis, mengatakan alutsista akan di pamerkan pada puncak kegiatan peringatan HUT ke-79 TNI, Sabtu (5/10/2024) di Pantai Piwang, Kecamatan Bunguran Timur.

"Masyarakat boleh berfoto tapi kami minta untuk tertib dan tidak masuk ke dalam kendaraan," ucap dia.

Tujuan dipamerkan alat adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa TNI di perbatasan dilengkapi dengan persenjataan yang canggih.

Adapun alutsista yang akan dipamerkan antara lain, Astros, tank, MMS (Multi Misson System), P6-Atav, dan RM-7Vampire.

"Silakan dimanfaatkan untuk edukasi atau mengabadikan foto," ujar dia.

Ia menyebut di tanggal dan hari yang sama pihaknya bersama TNI dari matra lainnya, serta Polri, Basarnas dan pelajar akan melaksanakan upacara HUT ke-79 TNI.

Tadi pagi Kamis (3/10/2024), kata dia, semua elemen yang terlibat sudah melakukan gladi bersih. Adapun total peserta yang melaksanakan upacara yakni sebanyak 574 orang.

"Tinggal pembenahan (terkait upacara) sedikit saja, baik dari kesiapan personel maupun lokasi acara. Jumlah tersebut sudah termasuk dari kepolisian, basarnas, dan pramuka," ucap dia

Ia meminta masyarakat menyaksikan proses upacara sebab nantinya akan ada atraksi senapan dan demonstrasi peraturan baris berbaris (PBB) dari Pelajar SMP dan Taruna SMK Kelautan yang mendapat juara satu pada lomba PBB yang ditaja oleh TNI.

Ia berharap pada HUT ke-79 TNI, membuat TNI semakin solid, lebih maju dan lebih membaur dengan masyarakat.

"Karena kami tidak bisa berdiri sendiri, tentu harus juga dengan adanya bantuan dari masyarakat, ditambah Natuna adalah wilayah terdepan dan terluar NKRI, tentu kolaborasi yang kuat sangat diharapkan," ujar dia.
Baca juga: Geladi HUT Ke-79, TNI tampilkan desain panggung seperti Istana IKN
Baca juga: Geladi bersih HUT Ke-79, TNI tampilkan "dogfight" dan serangan "drone"
Baca juga: TNI gelar defile alutsista dalam gladi bersih HUT ke-79 di Monas

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024