Sisi kerawanan di wilayah Kepulauan Seribu masih bisa dilakukan mitigasi
Jakarta (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan menyoroti kerawanan penyelenggaraan Pilkada yang terjadi di wilayahnya lebih banyak terkait masalah iklim dan cuaca.

"Sisi kerawanan di wilayah Kepulauan Seribu masih bisa dilakukan mitigasi," kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan saat Pembukaan Posko Bersama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 di Jakarta, Senin.

Baca juga: Wabup minta ASN bersikap netral di Pilkada Jakarta

Dia mengakui pada Oktober dan November kondisi cuaca dan iklim di Kepulauan Seribu perlu mendapatkan perhatian lebih.

"Ini tentu harus mendapatkan perhatian dalam pelaksanaan pilkada ini," kata dia

Ia mengatakan Posko Bersama Pilkada DKI Jakarta yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu berada di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang.

Baca juga: Kepulauan Seribu tekan potensi penularan rabies melalui vaksinasi

"Jadi untuk Posko Bersama di Kepulauan Seribu mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan kondusif," kata dia.

Dirinya berharap mudah-mudahan kegiatan Pilkada Tahun 2024 bisa berjalan dengan suka cita dan bisa kondusif, khususnya di Kepulauan Seribu.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  DKI Jakarta, Fredi Kurniawan mengatakan Posko Bersama Pilkada ini adalah salah satu langkah nyata untuk mendukung pelaksanaan koordinasi yang terpadu.

Baca juga: Wabup Kepulauan Seribu minta ASN aktif tunaikan zakat pendapatan

Baik antara pemerintah daerah, penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu, kemudian tim pemenangan paslon 1, 2, dan 3 serta komponen masyarakat yang ada.

"Kami berharap dalam pelaksanaan ini terciptanya situasi yang kondusif demi sukses penyelenggaraan Pilkada serentak, yang akan kita laksanakan pada 27 November," kata dia.

Sebelumnya KPU DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (22/9).

Ketiga paslon tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen nomor urut 2, serta Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) nomor urut 3.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024