Jakarta (ANTARA) - Para pemain lokal Pelita Jaya bertekad membuktikan diri mereka mampu mempertahankan gelar juara IBL walau tanpa dukungan pemain asing, saat kembali berhadapan dengan Satria Muda Pertamina Jakarta dalam laga final IBL All Indonesian 2024.

Keberhasilan Pelita Jaya menjuarai IBL 2024 sebelumnya sempat menuai anggapan miring, bahwa kemenangan mereka sangat bergantung pada peran pemain asing. Namun, di ajang IBL All Indonesian 2024 yang hanya melibatkan pemain-pemain lokal, stigma tersebut ingin dihapuskan.

Pemain Pelita Jaya, Yesaya Saudale, menegaskan kesiapan tim menghadapi final ini. "Kami seratus persen siap," kata Yesaya dikutip dari laman resmi IBL, Kamis.

"Ajang ini khusus untuk pemain lokal, dan meskipun ada tekanan karena sebelumnya kami dianggap menang karena pemain asing, kami siap menunjukkan bahwa kami juga mampu bersinar tanpa mereka. Semua tim juga menggunakan pemain asing di liga reguler, tapi turnamen ini lebih bergengsi bagi kami sebagai pemain lokal."

Baca juga: Pelita Jaya hadapi Satria Muda dalam Final IBL All Indonesian

Pelita Jaya menunjukkan performa impresif sepanjang turnamen ini. Mereka mencatat rekor sempurna tanpa kekalahan dan berhasil menyapu bersih dua laga di babak penyisihan, mengalahkan Tangerang Hawks Basketball dan Bali United Basketball Club. Di babak semifinal, Pelita Jaya sukses menyingkirkan Prawira untuk memastikan tiket final.

Babak final IBL All Indonesian 2024 akan berlangsung mulai Kamis hari ini dan Game 2 akan dimainkan pada 5 Oktober. Apabila kedudukan imbang, Game 3 sebagai penentu akan digelar pada 6 Oktober.

Pertandingan final antara Pelita Jaya melawan Satria Muda ini adalah yang kedua kalinya di tahun 2024. Sebelumnya, Pelita Jaya keluar sebagai pemenang dalam babak final IBL 2024 dengan kemenangan 2-1, yang membawa mereka mengangkat trofi juara setelah sebelumnya selalu gagal tiga kali di partai puncak.

Baca juga: Pelita Jaya tantang Prawira di semifinal IBL All Indonesian

Baca juga: Satria Muda ke final IBL All Indonesian setelah tundukkan Dewa United

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024