Jakarta (ANTARA) - Atlet jetski Indonesia Aero Sutan Aswar menerima Penghargaan Insan Olahraga Berprestasi 2024 yang diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Atas penghargaan tersebut, Aero Aswar berharap mampu memotivasi para atlet jetski junior agar lebih tekun lagi berlatih untuk dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

"Saya berharap dengan anugerah Penghargaan Haornas Pemerintah RI dapat menjadi salah satu motivasi para atlet jetski junior agar lebih tekun lagi di dalam berlatih," ujar Aero Aswar dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis.

Penghargaan yang diterima oleh Aero tak dapat dilepaskan dari kiprahnya yang telah berkecimpung di dunia jetski dan telah membawa bendera Merah Putih berkibar pada gelaran juara dunia jetski pada tahun 2014 dan 2016.

Saat ini Indonesia mempunyai sejumlah atlet jetski potensial salah satunya ada beberapa atlit junior yg sedang rutin berlatih di Akademi Jetski Indonesia (IJBA), yang dipersiapkan menjadi jajaran kandidat Juara Dunia membela Indonesia di Kejuaraan Dunia di Amerika Serikat.

Aero dapat meraih gelar jawara dunia karena tak dapat dilepaskan dari proses latihan yang secara konsisten sejak kecil. Saudara dari atlet jetski, Aqsa Aswar tersebut dilatih langsung oleh ayahnya Fully Aswar yang juga merupakan Ketua Umum IJBA, sebagai satu-satunya Induk Cabang Olahraga Jetski yang diakui Pemerintah dan merupakan anggota KONI Pusat.

Dalam konsistensinya di dunia olahraga Jetski, Aero sudah malang melintang pada berbagai jenis kejuaraan baik nasional, regional maupun kejuaraan dunia dengan menyandang negara Indonesia.

Baca juga: Kemenpora ingin AIC Series jadi wadah cari bibit atlet jetski andalan

Sementara itu Rinaldi Duyo, Sekjen IJBA yg mendampingi Aero pada penganugerahan Penghargaan Haornas 2024 yang diserahkan langsung oleh Menpora menyatakan bahwa tidaklah mudah mendidik dan melatih atlit untuk menjadi Juara Dunia dan bahkan berkali kali di tengah para jawara jetski negara maju lainnya.

"Itulah yang selama ini dilakukan oleh IJBA dalam membina para atlitnya agar konsisten dalam meningkatkan kemampuannya. IJBA sebagai satu-satunya Induk Cabang Olahraga Jetski melaksanakan pembinaannya atlit elitnya melalui Jetski Indonesia Academy di kawasan Ancol Jakarta Utara," ujar Reynaldi.

Baca juga: Kemenpora ingin AIC Series jadi wadah cari bibit atlet jetski andalan

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024