Kenapa industri kesehatan di Bali? Supaya ada transformasi industri agar Bali dan resilient, orang-orang di sini jangan tergantung pada industri pariwisata
Denpasar (ANTARA) -
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan pembangunan gedung pelayanan estetik NgoerahSun Wellness and Aesthetic Center di RSUP Prof. Ngoerah Denpasar merupakan upaya transformasi industri dari pariwisata alam dan budaya ke industri pariwisata medis.
 
"Kenapa industri kesehatan di Bali? Supaya ada transformasi industri agar Bali dan resilient, orang-orang di sini jangan tergantung pada industri pariwisata," kata Menkes Budi Gunadi di Denpasar, Kamis.
 
Dia mengatakan pembangunan gedung lima lantai tersebut memang sengaja untuk mentransformasi Bali yang tadinya hanya bergantung pada pariwisata, bisa menciptakan industri baru dari sektor kesehatan.

Baca juga: Menkes sebut RS Vertikal Surabaya jadi superhub Bali, NTT, dan NTB
 
Ia menilai wisatawan yang datang ke Bali memiliki tujuan untuk menikmati hidup. Karena itu layanan kesehatan yang ada di Pulau Dewata harus terus ditingkatkan, Seiring  meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali.
 
"Bali jangan ambil industri kesehatan yang kuratif, tetapi harus industri kesehatan yang sifatnya wellness, kombinasi beauty and aesthetic. Itu sebabnya wellness and aesthetic," kata Menkes Budi.
 
Apalagi masyarakat Bali dinilai memiliki kualitas untuk melayani wisatawan pada sektor kesehatan dan adaptif terhadap orang asing. Karena itu Menkes Budi menilai pusat pelayanan kebugaran dan kecantikan di RSUP Prof. Ngoerah Denpasar menjadi proyek percontohan layanan kesehatan bertaraf internasional.

Baca juga: Indonesia sukses operasi telerobotik kista ginjal pertama
 
"Saya bilang Bali is not a destination of people to die (Bali bukan destinasi orang-orang untuk wafat). Bali is a destination for people to live, to enjoy life, to heal (Bali itu sebuah destinasi orang-orang untuk hidup dan menikmati hidupnya)," kata Menkes.
 
Pembangunan pusat pelayanan kecantikan dan kebugaran di RSUP Prof Ngoerah juga menjadi perhatian, mengingat tujuan wisatawan yang datang ke Bali semakin beragam, tidak hanya untuk wisata alam dan budaya, tetapi juga wisata kesehatan dengan latar belakang budaya keramahan Bali yang sangat mendunia.
 
Adapun bangunan NgoerahSun Wellness and Aesthetic Center di RSUP Prof Ngoerah Denpasar diisi layanan medical check up, sentra kosmetik, ruang bedah, SPA bertaraf internasional, dan laboratorium genom sekuensing.

Baca juga: Presiden RI: Gedung KIA RSUP Ngoerah tekan angka kematian ibu dan anak

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024