"Sebagai kita yang hidup di Indonesia dari lahir, kita mengerti apa yang harus kita lakukan,"
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI 2024-2029 yang baru dilantik, Rusdi Kurana, mengatakan bakal bekerja untuk menyosialisasikan pluralisme sebagai nilai dari Pancasila untuk menjaga kebersamaan sebagai bangsa Indonesia.

"Sebagai kita yang hidup di Indonesia dari lahir, kita mengerti apa yang harus kita lakukan," kata Rusdi di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, hal itu pun merupakan tugas dari partainya yang mendorong agar persatuan dan perbedaan tetap terjaga.

Di samping itu, dia pun bakal memperjuangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ketika dirinya bekerja sebagai pejabat negara. Dengan memiliki latar belakang sebagai pengusaha, dia mengaku sangat mengerti tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM.

"Jadi kita mengerti bahwa negara ini memerlukan UMKM, apalahi dengan kondisi persaingan dunia yang luar biasa," kata dia.

Dia pun mengaku resah terhadap nasib para pengusaha konveksi rumahan yang memproduksi pakaian. Saat ini, keberadaan mereka menurun karena barang impor yang masuk ke tanah air dijual dengan harga murah.

"Nah kita akan memperjuangkan itu, bagaimana pemerintah bisa memberikan proteksi kepada mereka," kata dia.

Adapun Rusdi Kirana menjadi salah seorang Wakil Ketua MPR RI yang dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung pada Kamis ini. Sedangkan yang dilantik sebagai Ketua MPR RI untuk periode 2024-2029 adalah Ahmad Muzani.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024