Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (PB POBSI) menggandeng klub biliar JFlowers menggelar turnamen biliar khusus putri Women Tour 9 Ball Championship 2024 di BSD, Tangerang, Banten, 10-13 Oktober.

"Kehadiran turnamen ini sebagai apresiasi kepada para atlet biliar putri Indonesia yang telah berjasa mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional," demikian keterangan tertulis PB POBSI melalui akun instagram @biliar_indonesia yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Dijelaskan, turnamen tersebut akan diikuti sebanyak 32 atlet dari berbagai daerah di Indonesia yang akan bertanding pada nomor sembilan bola.

Para peserta akan memperebutkan gelar juar dengan total hadiah sebesar Rp129 juta pada turnamen yang bakal berlangsung di JFlowers Billiards & Tongue.

Baca juga: POBSI kirim Annita Kanjaya berlaga pada WCBS 2024 di Polandia

POBSI menyatakan, selain perebutan gelar juara dan hadiah, turnamen tersebut juga menjadi momentum penting bagi para atlet untuk meningkatkan peringkat biliar nasional mereka.

"Turnamen ini juga memberikan poin penting untuk peringkat nasional yang akan diakumulasikan dalam tabel klasemen poin nasional," demikian POBSI.

Berdasarkan rilis terakhir PB POBSI terkait ranking pebiliar nasional pada Mei 2024, posisi puncak klasemen sementara pebiliar putri masih dikuasai Silviana Lu asal Papua dengan mencatatkan 390 poin.

Setelah Silviana, peringkat kedua ditempati Annita Kanjaya asal Jawa Barat dengan perolehan 330 poin, serta peringkat ketiga dihuni pebiliar Jawa Timur Emilia Putri Rahmanda dan Nony K asal Jawa Barat dengan membukukan 240 poin.

Baca juga: Tiga pebiliar unggulan Indonesia ikut kejuaraan dunia di Selandia Baru

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024