Jakarta (ANTARA) -
Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil akan membangun kawasan
Ciliwung dengan konsep Pentahelix.
 
"Saya akan realistis, tapi juga idealis. InsyaAllah kalau takdirnya ada, semua curhatan masyarakat Ciliwung tadi direspon," ujar Ridwan Kamil usai menyusuri Sungai Ciliwung di Kawasan Condet, Jakarta Timur, Kamis.

Kalau sungai, dia mengaku pernah punya pengalaman membuat Satgas Citarum dengan konsep Pentahelix.
 
Pentahelix merupakan konsep pembangunan dengan melibatkan lima unsur, yaitu pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas hingga media.
 
"Kombinasi Pentahelix ini untuk menyelesaikan masalah Ciliwung, mungkin akan kita hadirkan sebagai konsep membangun bersama-sama," ujarnya.

Baca juga: Ketiga calon gubernur siap hadapi debat perdana Pilkada DKI
Baca juga: Pengamat harap paslon paparkan program lima tahun dalam debat perdana


 
Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil memberikan keterangan pers usai menyusur Sungai Ciliwung di Kawasan Condet, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2024). ANTARA/HO-Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono/am.

 
Saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil berhasil menyelamatkan Sungai Citarum dengan konsep Pentahelix. Keberhasilan itu ingin dia terapkan jika menang dalam Pilkada Jakarta bersama Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Suswono.
 
"Pentahelix itu kan lima. Kalau hanya pemerintah berarti hanya 20 persen kekuatan, nggak bisa. Kalau cuma dengan akademisi juga cuma 40 persen. Kita butuh 100 persen," katanya.

​​​​​Komitmen itu kemungkinan komitmennya diwujudkan di tahun pertama Satgas Ciliwung.  "Kita hadirkan dengan konsep Pentahelix, mudah-mudahan lebih baik," katanya.
 
Satgas Citarum yang dibentuk Kang Emil saat menjabat sebagai Gubernur Jabar berhasil membina 1.235 industri dalam program penanganan limbah industri. Pada program pengelolaan sampah, sebanyak 3.040,51 ton per hari sampah terkelola.

Pada program penanganan lahan kritis hingga tahun 2022 telah tercapai 33.435,17 hektare luas lahan kritis yang tertangani.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024