ini juga merupakan upaya pemerintah daerah dalam mengatasi risiko prevalensi stunting
Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara resmi meluncurkan program makan siang gratis untuk para siswa di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara Yusmin saat dihubungi di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa program makan siang gratis tersebut dilakukan terhadap siswa dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Kolaka Utara.

"Dengan menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Perubahan, di tahap awal program ini akan dijalankan selama empat bulan bagi 2.025 siswa," kata Yusmin.

Dia menyebutkan bahwa sebagai pilot project atau percontohan, uji coba program makan saing gratis tersebut dijalankan di 28 sekolah pada 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka Utara, dengan lokasi khusus yang memiliki angka stunting paling menonjol.

"Melalui program ini juga merupakan upaya pemerintah daerah dalam mengatasi risiko prevalensi stunting di Kabupaten Kolaka Utara," ujarnya.

Baca juga: Wantimpres ingatkan pemda awasi kebersihan dapur program makan bergizi
Baca juga: Makan siang gratis program Presiden terpilih bisa kerja sama Baznas


Yusmin menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan makan siang gratis tersebut juga menu dari makanan yang disiapkan itu telah diukur dengan baik untuk dikonsumsi oleh siswa melalui spesialis gizi.

"Jadi, walaupun ini makanan oleh UMKM-UMKM yang sediakan, tapi atas bimbingan Dinkes, untuk dikonsumsi anak-anak kita yang betul-betul standar, gizinya jelas, jadi bukan hanya kenyang, tetapi juga untuk pertumbuhan," jelas Yusmin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka Utara Taupiq menyampaikan bahwa pemberian makanan bergizi gratis tersebut memang dalam upaya Pemkab Kolut dalam upaya menanggulangi prevalensi stunting.

"Makanya, pilihan sekolah yang 28 tadi itu pendekatannya yang wilayahnya masih tinggi angka stunting, misalnya di Kecamatan Kodoha, Pakue Utara, dan Lambai," ucap Taupiq.

Ke depan, program makan siang gratis di Kabupaten Kolaka Utara itu akan menjadi program tahunan yang sudah disusun dan dicanangkan dalam APBD Tahun 2025 untuk seluruh sekolah di Kolaka Utara.

Baca juga: Pemkot Pekanbaru simulasi makan bergizi gratis di dua sekolah negeri
Baca juga: Pemkot Semarang implementasi makan siang gratis hasil "urban farming"
Baca juga: Asosiasi nilai UMKM perlu dilibatkan dalam program makan siang gratis

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024