Jakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Pusat meningkatkan program akses pasar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program "Meet the Market" (MTM).
 
"Kanwil DJP Jakarta Pusat meluncurkan konsep baru program pemberdayaan UMKM, 'Meet the Market' yang merupakan inisiatif, inovatif untuk meningkatkan akses pasar bagi pelaku UMKM di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Pusat dan PKN STAN," kata Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur, Eddi Wahyudi di Jakarta, Kamis.

Inovasi ini diimplementasikan melalui platform katalog online yang memudahkan para UMKM menjangkau konsumen baru.
 
Program ini merupakan kerja sama antara Kanwil DJP Jakarta Pusat dengan PKN STAN, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Bank Indonesia (BI).

Baca juga: Penerimaan pajak di Jakpus Rp3,19 triliun mayoritas dari perdagangan
 
Selain itu, program ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan yang sering dihadapi oleh UMKM, seperti akses pasar yang terbatas dan kesulitan dalam menjual produk secara berkelanjutan.
 
Program "Meet the Market" ini bukan hanya menghadirkan pelatihan saja, tetapi juga memberikan solusi konkret dengan menghubungkan UMKM langsung dengan konsumen, terutama di kalangan internal Kanwil DJP dan PKN STAN.
 
Dengan peningkatan kapasitas dan digitalisasi UMKM melalui program ini, kata Eddi, UMKM juga mendapatkan pelatihan intensif dalam manajemen usaha, strategi pemasaran digital dan peningkatan kualitas produk sehingga mereka lebih siap menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat.
 
Selain itu, dengan adanya katalog online, proses transaksi menjadi lebih mudah dan efisien bagi para unit kerja yang ingin mendukung produk-produk lokal. Inisiatif ini tidak hanya membantu UMKM meningkatkan omzet, tetapi juga memperkuat ekonomi lokal dan mendorong keberlanjutan usaha kecil.

Baca juga: Penerima pajak di Jakarta Pusat Rp54,15 triliun
 
Komitmen dalam pemberdayaan UMKM melalui "Meet the Market" ini juga mendorong seluruh unit kerja di Kanwil DJP Jakarta Pusat dan PKN STAN untuk membeli produk-produk UMKM dari katalog online yang mencakup berbagai produk lokal seperti kuliner, fesyen dan kriya.
 
Program "Meet the Market" adalah bentuk nyata dukungan kami terhadap pertumbuhan UMKM dengan tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga menciptakan akses pasar yang luas dan berkelanjutan. "Kami percaya inisiatif ini akan memberikan dampak signifikan bagi para pelaku UMKM," ujar Eddi.
 
Selain itu, kolaborasi yang kuat dan berkelanjutan ini juga dapat membangun sinergi yang lebih kuat antarunit di lingkungan Kementerian Keuangan dalam pemberdayaan UMKM, sekaligus meningkatkan kepatuhan perpajakan para pelaku UMKM.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024