Saya mengajak generasi muda untuk mencintai batik dan turut serta dalam melestarikannya
Jakarta (ANTARA) -
Anggota DPR RI Periode 2024–2029 Aboe Bakar Alhabsyi mengajak seluruh generasi muda Indonesia untuk melestarikan batik.
 
“Saya mengajak generasi muda untuk mencintai batik dan turut serta dalam melestarikannya," kata Aboe menanggapi Peringatan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober lalu, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Ia juga mengajak anak muda untuk melakukan beragam inovasi dalam rangka menjadikan batik lebih dikenal di pasar global.
 
"Melalui inovasi, kita bisa menjadikan batik lebih dikenal dan relevan di pasar global," ucapnya. 
 
Berikutnya Aboe mengingatkan segenap masyarakat Indonesia mengenai nilai penting dalam peringatan Hari Batik Nasional, yang bernilai penting, khususnya untuk mengokohkan batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak masyarakat kenakan batik dengan rasa bangga
 
“Peringatan ini penting, utamanya untuk mengokohkan batik sebagai warisan budaya Indonesia," ucapnya.
 
Hari Batik Nasional, kata dia, bukan sekadar merupakan perayaan budaya, melainkan juga pengakuan atas warisan tak ternilai yang menjadi identitas bangsa Indonesia di kancah internasional. Menurutnya, pengakuan batik sebagai warisan Indonesia pun bernilai penting, menyusul adanya pihak lain yang mengklaim batik sebagai warisan negaranya.
 
“Lihat saja kemarin pas Ishowspeed datang ke Asia, ada saling klaim batik antara Indonesia dan Malaysia. Ada warga Malaysia yang mengklaim bahwa batik adalah kain khas mereka," ujarnya. 
 
Padahal, kata Aboe, batik sebagai warisan luhur Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dunia.
 
"Jadi, ini bukan hanya kebanggaan kita, tetapi juga bentuk tanggung jawab untuk melestarikan dan terus mengembangkan seni batik dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Aboe Bakar.

Baca juga: Hari Batik Nasional, siswa diajak pahami batik berkelanjutan dari alam
 
Sebagai salah satu simbol persatuan bangsa, Aboe pun menyampaikan bahwa batik mencerminkan kekayaan budaya Indonesia yang beraneka ragam.
 
“Batik bukan hanya sebuah kain, melainkan representasi nilai-nilai tradisi, kreativitas, dan kearifan lokal yang telah diwariskan turun-temurun,” kata dia.
 
Ia berharap seluruh pihak di Tanah Air dapat terus mendukung industri batik sebagai bagian dari perekonomian kreatif nasional.
 
"Selamat Hari Batik Nasional. Mari kita jaga dan banggakan batik sebagai warisan budaya bangsa yang kaya dan unik, serta terus mendukung industri batik sebagai bagian dari perekonomian kreatif nasional," ujar Aboe Bakar Alhabsyi.

Baca juga: Museum Batik: Dunia sudah akui batik sebagai identitas Indonesia

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024