Tidak hanya Polri, saya mengajak seluruh pihak untuk bersinergi menjaga stabilitas keamanan selama ajang olahraga nasional yang akan berlangsung
Jakarta (ANTARA) - TNI AU melalui jajaran Pangkalan Udara (Lanud) Adi Soemarmo memperkuat sinergitas dengan jajaran TNI dan Polri untuk persiapan pengamanan kegiatan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024.

Dalam siaran pers TNI AU yang diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan peningkatan sinergitas itu dilakukan dengan menggelar pertemuan antara jajaran TNI dan Polri di Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah (2/10).

Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko mengatakan Paralimpiade Nasional 2024 merupakan kegiatan yang besar dan harus mendapatkan pengamanan yang khusus.

Baca juga: Peparnas 2024, ajang mencari paralimpian baru

Untuk melakukan hal tersebut, Danlanud Juniar mengaku pihaknya tidak bisa melakukannya sendirian, karenanya pihaknya menggandeng seluruh jajaran TNI dan Polri untuk memastikan kegiatan paralimpiade nasional berjalan dengan lancar.

"Tidak hanya Polri, saya mengajak seluruh pihak untuk bersinergi menjaga stabilitas keamanan selama ajang olahraga nasional yang akan berlangsung," kata dia dalam siaran pers tersebut.

Tidak hanya kegiatan paralimpiade, Juniar mengatakan pihaknya juga harus bersinergi untuk memastikan kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Solo berlangsung kondusif.

Menurut Juniar, momentum pilkada di Solo harus berjalan dengan kondusif agar masyarakat dapat memilih calon pemimpin dengan perasaan aman dan nyaman.

Baca juga: Sejarah Peparnas dan daftar tuan rumah setiap edisi

"Dalam menghadapi Pilkada, kita harus mengawal bersama-sama dengan koordinasi yang baik, saling bertukar informasi agar Solo Raya tetap aman dan kondusif," kata dia.

Juniar pun tidak menjelaskan berapa personel TNI AU ataupun Polri yang akan dikerahkan untuk mengamankan kegiatan paralimpiade dan Pilkada 2024.

Dia juga tidak menjelaskan bagaimana skema pengaman yang akan dikerahkan TNI dan Polri dalam kegiatan tersebut. Dia hanya memastikan pihak TNI AU akan memaksimalkan sumber daya yang ada dalam mengamankan jalannya kegiatan paralimpiade dan pilkada.

Untuk diketahui, pertemuan di Lanud Adi Soemarmo dihadiri oleh Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Ali Akhwan, Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi, dan para pejabat TNI-Polri yang bertugas di wilayah Solo.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024