Ini jangan hanya mempromosikan pariwisata bahari Indonesia, tetapi juga harus dapat memperkuat konektivitas maritim dan logistik nasional
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung penyelenggaraan "Sail to Indonesia Goes to Bali Maritime Tourism Hub (BMTH)" yang diinisiasi PT Pelindo agar dapat memperkuat konektivitas maritim dan logistik nasional.

“Ini jangan hanya mempromosikan pariwisata bahari Indonesia, tetapi juga harus dapat memperkuat konektivitas maritim dan logistik nasional," kata Menhub dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Selain itu, Menhub juga mendorong agar kegiatan itu dapat meningkatkan hubungan maritim Indonesia dengan mancanegara, mempromosikan kerja sama dalam logistik, transportasi laut, keamanan dan konservasi laut.

Menhub menyampaikan hal itu dalam pembukaan acara Sail to Indonesia Goes to BMTH secara daring.

Lebih lanjut, Menhub juga mengungkapkan kegiatan itu sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Inisiatif-inisiatif ini sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia memberikan kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menciptakan peluang kerja,” ungkap Menhub.

Menhub menambahkan pemilihan lokasi di Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) mencerminkan visi misi bersama dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat maritim dunia.

"Pemilihan BMTH sebagai tempat acara mencerminkan visi bersama antara Pelindo dan Pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat maritim global,” terang Menhub.

Sail to Indonesia Goes to BMTH diselenggarakan di Pelabuhan Beoa, Bali pada 2-4 Oktober 2024.

Kegiatan itu bekerja sama dengan Sail to Indonesia Rally, serta dihadiri 30 yacht dari berbagai negara diantaranya Australia, Perancis, Amerika, Inggris dan Kanada.

Baca juga: Kemenparekraf gelar forum pengelolaan destinasi wisata bahari Manado
Baca juga: RI jajaki kerja sama ekonomi biru dengan Zanzibar
Baca juga: Menparekraf apresiasi pegiat kembangkan wisata bahari berkelanjutan


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024