Jakarta (ANTARA) - Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga berharap ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024 memaparkan program lima tahun ke depan guna mewujudkan Jakarta sebagai kota global dalam debat perdana.

Ini mengingat tema debat Pilkada Jakarta perdana pada 6 Oktober 2024 yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta yakni "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global".

"Program apa yang akan dilakukan untuk dapat meningkatkan peringkat dan target naik berapa dalam lima tahun ke depan, misalnya, pasang target naik ke posisi 50," kata dia saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Adapun Jakarta menempati peringkat ke-74 dari 156 kota di dunia menurut Global City Index 2023. Karena itu, diperlukan program lima tahunan guna meningkatkan peringkat Jakarta.

Baca juga: KPU tetapkan transformasi Jakarta jadi tema debat perdana Pilkada DKI

Dia mengingatkan ada sejumlah syarat dalam penilaian kota global yakni aktivitas bisnis, kualitas sumber daya manusia, pertukaran informasi, pengalaman budaya dan dukungan politik.

Di sisi lain, setidaknya ada enam indikator atau karakteristik kota global antara lain kapasitas riset dan inovasi, sektor ekonomi yang mapan dan terkoneksi secara global,nyaman dihuni, nilai budaya yang menarik untuk dikunjungi, lingkungan bersih, nyaman dan berkelanjutan dan terkoneksi secara intra dan inter-kota.

Lalu, terkait tema debat yang juga menyinggung tentang penguatan sumber daya manusia (SDM), Yoga berpendapat para pasangan calon (paslon) perlu menjelaskan program konkret untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) warga kota.

"Misalnya, dalam KTP semua sudah harus mengenyam pendidikan minimal SMA, program kerja sarjana padat karya," kata dia.

Baca juga: Warga Jakarta bisa tahu lokasi TPS Pilkada Jakarta secara daring

Selain itu, bisa dengan menyediakan ruang-ruang kerja bersama (co-working space) di rumah susun sederhana sewa (rusunawa plus) atau co-living, kantor virtual, program ⁠magang kerja di balaikota dan wakil rakyat atau program sarjana mengajar ke sekolah terbuka atau merdeka untuk mereka yang tidak bisa bersekolah di negeri atau swasta.

KPU DKI Jakarta menetapkan debat cagub-cawagub Pilkada Jakarta 2024 akan berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) pukul 19.00 WIB. Durasi debat dijadwalkan berlangsung sekitar 150 menit.

Dalam pelaksanaan debat calon gubernur maupun wakil gubernur akan hadir bersama. Selain mereka, akan hadir pula tujuh panelis yang mewakili bidang masing-masing seperti hukum, komunikasi dan kebudayaan.

KPU DKI menyatakan debat nantinya diadakan sebanyak tiga kali. Namun, KPU DKI belum memberikan informasi terkait waktu dan lokasi pelaksanaan debat kedua dan ketiga.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024