Jakarta (ANTARA) - Senegal memecat pelatih Aliou Cisse yang membawa tim nasional negara itu menjuarai Piala Afrika pada 2022 dan lolos pada dua turnamen Piala Dunia.

Menurut asosiasi sepak bola Senegal (FSF) seperti dikutip AFP, inisiatif itu datang dari menteri olahraga Senegal Khady Diene Gaye, yang mengatakan pemerintah meminta federasi sepak bola tidak memperbarui kontrak Cisse. Mantan kapten timnas dan pemain PSG itu melatih Senegal pada 2015 dan membawa negara itu menjuarai Piala Afrika untuk pertama kalinya dua tahun silam.

Baca juga: Thailand bangga Indonesia berjuang dalam kualifikasi Piala Dunia 2026

Senegal juga mencapai 16 besar Piala Dunia 2022 tetapi tersingkir pada fase yang sama dalam Piala Afrika tahun ini. Mereka disingkirkan oleh tuan rumah sekaligus tim yang kemudian menjadi juara, Pantai Gading.

FSF mengatakan pelatih sementara akan ditunjuk untuk menggantikan Cisse untuk dua pertandingan kualifikasi Piala Afrika 2025, melawan Malawi bulan ini.

Bersama Burkina Faso, Senegal memiliki koleksi poin yang sama, yakni empat poin dari dua pertandingan grup. Selain Senegal dan Burkina Faso, grup itu juga dihuni Burundi.

Mereka juga tidak terkalahkan pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Afrika, tetapi tertinggal dua poin oleh pemuncak klasemen grup Sudan setelah memainkan empat pertandingan.

Baca juga: Profil Roberto Mancini, karier dari pemain menjadi pelatih kelas dunia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024