Saat ini ada enam rute penerbangan langsung dari Bandara SMB II Palembang ke Jakarta, Pangkalpinang, Surabaya, Batam, Medan, dan Yogyakarta.
Palembang (ANTARA) - Pengelola Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang pada Oktober 2024 ini menyediakan dua slot rute penerbangan baru langsung dari ibu kota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ke Denpasar, Bali, dan Makassar, Sulawesi Selatan.

"Sesuai permintaan maskapai penerbangan Super Air Jet yang merencanakan pada Oktober ini membuka rute penerbangan langsung Palembang-Denpasar dan Palembang-Makassar, kami telah menyediakan slotnya dan sewaktu-waktu bisa digunakan untuk memulai pelayanan penerbangan rute tersebut," kata Eksekutif General Manager Bandara SMB II Palembang R Iwan Winaya, di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, pihaknya mendukung maskapai penerbangan membuka rute penerbangan baru ke berbagai kota potensial atau yang banyak diminati masyarakat Kota Palembang dan 16 daerah lainnya di Sumsel.

"Saat ini ada enam rute penerbangan langsung dari Bandara SMB II Palembang ke Jakarta, Pangkalpinang, Surabaya, Batam, Medan, dan Yogyakarta," ujarnya.

Menurut dia, rute penerbangan langsung dari Bandara SMB II Palembang sebelum pandemi COVID-19 lebih banyak lagi mencapai belasan kota.

Maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan tersebut, seperti Garuda Indonesia, Citylink, Pelita Air, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Super Air Jet.

Jika dua slot rute baru yang disiapkan untuk Super Air Jet pada Oktober 2024 digunakan maskapai itu, rute penerbangan langsung dari Bandara SMB II Palembang menjadi delapan kota tujuan.

"Kami akan mendorong Super Air Jet segera memanfaatkan slot rute yang tersedia yakni Palembang-Denpasar dan Palembang-Makassar, serta maskapai penerbangan lainnya membuka rute baru ke kota lainnya sehingga semakin banyak pilihan bagi pengguna jasa angkutan udara," ujar Iwan.
Baca juga: Aktivasi penerbangan internasional di SMB II Palembang tunggu regulasi
Baca juga: Bandara SMB tambah 2 rute penerbangan ke Pangkalpinang dan Semarang

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024