Jakarta (ANTARA) - Tim sepak bola Antara lolos dari playoff Media Cup 2024, setelah memuncaki klasemen akhir dengan torehan poin sempurna, di Lapangan Pitch 98, Jakarta, Rabu.

Selain Antara, babak playoff juga diikuti oleh tiga media lain yakni IDN, RRI, dan CNNIndonesia.com. Sebelumnya Kumparan juga mengajukan diri untuk mengikuti playoff, tetapi kemudian mengundurkan diri.

"Selamat untuk Antara yang telah berhasil lolos ke putaran final Media Cup 2024. Untuk tiga tim lainnya terima kasih atas partisipasinya di babak play-off," ujar Ketua Penyelenggara Media Cup 2024, Abdul Azis Arriadh, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Pada babak playoff, tidak ada yang dapat menandingi tim Antara. Kantor berita Indonesia itu menyapu bersih tiga pertandingan dengan raihan kemenangan.

Antara menghancurkan RRI dengan skor 6-1, kemudian melumat IDN dengan kemenangan 5-0, dan menaklukkan CNNIndonesia.com dengan skor 4-0.

Dominasi ini membuat Antara keluar sebagai pemenang babak play-off dengan koleksi sembilan poin, sekaligus merebut tiket terakhir ke Media Cup 2024.

Sementara IDN berada di peringkat kedua dengan enam poin, RRI di urutan ketiga dengan tiga poin, dan CNNIndonesia.com di posisi juru kunci dengan nihil poin harus ikhlas gagal melenggang ke putaran final Media Cup 2024.

Sebanyak 16 tim akan bersaing untuk memperebutkan trofi Media Cup 2024. Pada tahun lalu, vertikal dari Emtek Group, SCTV keluar sebagai kampiun seusai tampil gagah sepanjang turnamen.



Media Cup 2024 akan digelar di ASIOP Stadium, Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada 28-30 Oktober 2024. Kali ini, turnamen prestise yang lahir pada 2022 itu berlangsung selama tiga hari atau ada penambahan sehari ketimbang penyelenggaraan dalam dua tahun terakhir.

Baca juga: Sukses di 2022, Media Cup diharapkan berlanjut

Perubahan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan format baru, yaitu setiap tim akan bermain dalam dua leg. Jadi, masing-masing media minimal akan bertanding dua kali di Media Cup 2024, meski pada akhirnya tersingkir di babak pertama.

"Mulai tahun ini kami memperkenalkan format baru di Media Cup. Setiap tim mulai dari babak pertama hingga partai puncak akan bermain dalam dua leg. Jadi jumlah pertandingan juga bertambah," ucap Azis.

"Kami berharap inovasi yang dilakukan ini dapat membuat peserta makin bergairah, excited, dan ambisius untuk berjibaku di Media Cup 2024," pungkasnya.

Hasil Lengkap Play-off Media Cup 2024

* CNNIndonesia.com 1-3 IDN
* Antara 6-1 RRI
* RRI 3-1 CNNIndonesia.com
* IDN 0-5 Antara
* CNNIndonesia.com 0-4 Antara
* IDN 2-0 RRI

Daftar Lengkap Peserta Media Cup 2024

1. ANTV
2. TVOne
3. KompasTV
4. TVRI
5. TRANS7
6. METRO TV
7. Bola.com
8. Detik.com
9. SKOR.ID
10. MNC Portal
11. Jawa Pos
12. SCTV
13. INewsTV
14. Tribun Network
15. CNN TV
16. ANTARA

Baca juga: PSSI Pers gulirkan Mandiri Media Cup 2023 untuk para pewarta

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024