Kami memandang optimis inflow asing dapat terus bertambah seiring dengan sentimen-sentimen positif
Jakarta (ANTARA) -
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat modal asing masuk ke pasar saham di Indonesia per 27 September 2024 sebesar Rp52,75 triliun secara year to date (ytd).
 
"Di pasar saham per akhir September tercatat net buy sebesar Rp52,75 triliun (ytd)," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi di Jakarta, Rabu.
 
Inarno menuturkan sampai dengan akhir September 2024, investor asing tercatat membukukan capital inflow, baik di pasar saham maupun Efek Bersifat Utang Dan Sukuk (EBUS) secara year to date.
 
Selain di pasar saham, investor asing juga melakukan transaksi beli bersih (net buy) di pasar obligasi untuk pembelian Surat Berharga Negara (SBN) dan obligasi korporasi yang tercatat sebesar Rp26,62 triliun (ytd) per 27 September 2024.
 
Menurut Inarno, tren modal asing masuk (inflow) di Indonesia sudah dimulai sejak Juni 2024 dan mulai mencatatkan net buy secara ytd sejak bulan tersebut.
 
"Kami memandang optimis inflow asing dapat terus bertambah seiring dengan sentimen-sentimen positif seperti diperkirakannya suku bunga The Fed dan suku bunga Bank Indonesia turun pada triwulan IV-2024," ujarnya.
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024