Banyak proyek yang ada di Pemprov DKI Jakarta dan ini akan saya bagi secara adil
Jakarta (ANTARA) - Calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun menjanjikan para penganggur kota ini akan diberi pekerjaan padat karya jika terpilih pada pesta demokrasi November tahun ini. 

"Ini memang langkah awal yang akan saya lakukan jika terpilih di pekan pertama bekerja," kata Komjen Pol Purn Dharma Pongrekun di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pekerjaan bidang padat karya adalah pekerjaan yang tidak butuh keterampilan dan hanya membutuhkan tenaga.

"Banyak proyek yang ada di Pemprov DKI Jakarta dan ini akan saya bagi secara adil," kata dia.

Sementara bagi warga yang memiliki keterampilan tapi belum bekerja akan dibantu untuk melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan yang ada di Jakarta.

Baca juga: Dharma sebut masalah utama Jakarta adalah soal ekonomi

"Jika ada kompetensi yang cocok tentu akan diberikan pekerjaan. Namun jika mereka bekerja tidak patuh, tidak tepat waktu dan tidak beradab maka akan kami tarik lagi digantikan warga yang lain," katanya. 

Dalam hal ini, kata dia,  perusahaan juga harus nyaman menjalankan usaha mereka dan warga yang bekerja juga harus nyaman.

"Ini yang saya lakukan pada pekan minggu pertama dan menyeleksi kebijakan-kebijakan yang tidak pro rakyat akan dihapus," kata dia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta, yang dihimpun ANTARA menyebutkan, jumlah pengangguran hingga Februari 2024 sebanyak 327,59 ribu orang atau 6,03 persen.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Februari 2023 sebanyak 397,62 ribu orang atau mengalami penurunan sebesar 17,61 persen.

Baca juga: KPU tetapkan transformasi Jakarta jadi tema debat perdana Pilkada DKI

KPU DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (22/9).

Ketiga paslon tersebut adalah Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel), Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen.

Debat pertama calon gubernur dan wakil gubernur DKI dalam Pilkada akan dilaksanakan pada Minggu, 6 Oktober 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat mulai pukul 19.00 WIB.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024