“Sekarang kami mau rapat gabungan pimpinan MPR untuk menetapkan agar jadwal pemilihan dan penetapan pimpinan MPR tetap mengikuti jadwal, yaitu pada 3 Oktober 2024, besok pukul 10 pagi (10.00 WIB),”
Jakarta (ANTARA) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI mengadakan rapat gabungan untuk membahas jadwal pemilihan dan penetapan pimpinan MPR RI.

“Sekarang kami mau rapat gabungan pimpinan MPR untuk menetapkan agar jadwal pemilihan dan penetapan pimpinan MPR tetap mengikuti jadwal, yaitu pada 3 Oktober 2024, besok pukul 10 pagi (10.00 WIB),” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI Ahmad Basarah di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya fraksi-fraksi MPR RI telah siap bila rapat pemilihan dan penetapan pimpinan MPR dimajukan pada Rabu malam ini.

Akan tetapi, lanjut dia, percepatan itu bisa dilakukan dengan syarat calon pimpinan MPR RI dari kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sudah diputuskan terlebih dahulu.

“Nah, saya dari tadi siang memonitor teman-teman DPD. Rupanya sampai malam ini belum tercapai kesepakatan tentang siapa yang akan diusulkan menjadi calon pimpinan MPR dari DPD RI,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD RI Tamsil Linrung mengatakan bahwa pelantikan pimpinan MPR RI kemungkinan dilaksanakan pada Kamis (3/10).

"Tadi disampaikan kemungkinan besok baru ada rapat, sekaligus pelantikan pimpinan MPR. Oleh karena itu, kalau kami belum bisa menyelesaikan sampai pukul 19.00 WIB, sudah ada saling pengertian dengan pihak MPR," kata Tamsil dalam Rapat Penetapan Pimpinan Kelompok DPD dan Penetapan Alat Kelengkapan DPD RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Pada rapat yang sama, Ketua Kelompok DPD di MPR RI Dedi Iskandar Batubara mengatakan bahwa Rabu malam ini tidak ada pelantikan MPR RI.

"Informasinya malam hari ini tidak ada pelantikan. Belum akan ada pelantikan MPR pada malam hari ini. Menunggu proses di DPD selesai," kata Dedi.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024