bukan masalah banjir, macet dan tapi ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Calon Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 nomor urut 2 Dharma Pongrekun menyatakan masalah utama DKI Jakarta saat ini adalah soal ekonomi sehingga ini yang harus diperbaiki, untuk menjadikannya sebagai kota global.

"Masalah manusia di Jakarta bukan masalah banjir, macet dan tapi ekonomi," kata Dharma Pongrekun saat mengunjungi Kampung Gembrong Jakarta Timur, Rabu.

Ia mengatakan warga Jakarta harus memenuhi kebutuhan hidup atau makan, berikan mereka pekerjaan dan carikan pekerjaan bagi yang belum mendapatkan pekerjaan

"Saya akan carikan kerja dengan menjaminkan diri untuk melamarkan anak-anak Jakarta ke sejumlah perusahaan yang ada di Jakarta," kata dia.

Taki sebelum itu, mereka harus dibenahi adabnya terlebih dahulu sehingga mereka bisa bekerja dengan baik dan memiliki perilaku yang baik.

Baca juga: Jaksel terima 13.080 bilik suara di Gudang Sarinah Ekosistem
Baca juga: KPU Jakpus gencarkan sosialisasi Pilkada DKI ke kalangan komunitas


Ia menyatakan, jika terpilih jadi gubernur nanti, maka akan menjadi babe dari warganya dan memberikan jaminan kepada perusahaan untuk menerima mereka bekerja sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

"Kalau ternyata mereka tidak memiliki adab maka akan diganti dengan warga lainnya," kata dia.

Dirinya menanamkan ekonomi beradab akan membuat rakyat makmur dan kemakmuran itu didapatkan dari hasil usaha yang dilakukan dengan berperilaku baik. 

Ia mengatakan hampir semua masyarakat yang dikunjungi dan dialog yang dijalankan keluhan yang disampaikan sama sehingga pola penyelesaian dilakukan dengan cara yang sama.

"Yang penting satu, jaga adab dan buat kebijakan beradab maka hasilnya akan beradab," kata dia.

Baca juga: Pengamat harap paslon jujur di debat perdana Pilkada Jakarta
Baca juga: Pengamat nilai "gercos" di media sosial cerminan kekecewaan masyarakat


KPU DKI Jakarta telah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (22/9).
 
Ketiga paslon tersebut adalah Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel), Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen.

Debat pertama calon gubernur dan wakil gubernur DKI dalam pilkada akan dilaksanakan pada Minggu, 6 Oktober 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat mulai pukul 19.00 WIB.

Ketiga paslon itu akan merebut simpati dari total daftar pemilih tetap (DPT), sesuai data KPU DKI Jakarta sebanyak 8.214.007 jiwa di 14.835 tempat pemungutan suara (TPS). 
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024