Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video beredar di platform YouTube menarasikan dan mempertanyakan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sepakat menjadikan Ketua DPR Puan Maharani akan menggantikan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029 Gibran Rakabuming Raka.

Video yang beredar pada Rabu tersebut, menarasikan Puan akan menggantikan Gibran sebagai wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut :

“MPR SEPAKAT. PUAN JADI WAPRES?”

Namun, benarkah MPR sepakati Puan jadi Wapres gantikan Gibran?

 

Unggahan yang menarasikan Puan Maharani akan gantikan Gibran menjadi Wapres 2024 - 2029. Faktanya, narasi judul tidak sesuai dengan isi berita. (YouTube)

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, video yang ada dalam unggahan youtube tersebut hanyalah potongan video dari channel YouTube Rocky Gerung Official yang berjudul  “PDIP MERAPAT KE PEMERINTAHAN PRABOWO. JOKOWI & GIBRAN TERSINGKIR?!”.

Dalam video tersebut Rocky Gerung membahas tentang kemungkinan akurasi politik yang ideal pada saat ini, yaitu PDI-P masuk ke pemerintahan Prabowo. 

Beberapa hari lalu, Puan Maharani menanggapi pertanyaan terkait isu dirinya menggantikan Gibran menjadi Wapres. Dalam unggahan YouTube iNews berjudul "Sambil Tersenyum, Puan Maharani Buka Suara soal Isu Gantikan Gibran Sebagai Wapres". Dalam narasi tersebut, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bereaksi dengan tersenyum lalu menjawab sekenanya pertanyaan awak media soal potensi dirinya menggantikan Gibran dengan bertanya balik. 

"Apa ya? Ya, sudah itu saja?" jawab cucu Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno, lalu tersenyum di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Namun hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai pernyataan tersebut.

Klaim: MPR memutuskan Puan Maharani gantikan Gibran sebagai Wakil Presiden Terpilih. 

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video penyetujuan usulan hak angket pada awal Maret 2023

Cek fakta: Hoaks! PDIP disebut tidak butuh suara Umat Islam

Baca juga: Puan kembali ditetapkan jadi Ketua DPR untuk 2024-2029

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024