...juga tercipta berbagai kesepakatan transaksi dagang yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani kopi.
Jayapura (ANTARA) -
Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua menampilkan kopi setempat pada ajang Specialty Coffee Association of Japan (SCAJ) di Tokyo yang akan berlangsung dari 9-11 Oktober 2024.
 
Kepala BI Papua Faturachman, di Jayapura, Rabu, mengatakan kegiatan itu merupakan sinergi dengan KBRI Tokyo, ITPC Osaka, dan Indonesia House of Beans Tokyo.
 
"Kami harap dengan berpartisipasi pada kegiatan tersebut brand awareness kopi Papua tidak hanya semakin kuat, tetapi juga tercipta berbagai kesepakatan transaksi dagang yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani kopi," katanya.
 
Menurut Faturachman, tampilnya kopi Papua di event internasional ini merupakan salah satu dukungan berkelanjutan BI terhadap pengembangan UMKM dan sumber pertumbuhan ekonomi ekonomi baru.
 
"Kopi Papua memiliki keunikan tersendiri, sehingga kami terus mendorong pengembangan komoditas unggulan tersebut dengan bersinergi dengan berbagai stakeholders dalam skema pentahelix meliputi pemerintah dan BI, komunitas kopi, akademisi, pelaku usaha, dan media," ujarnya.
 
Dia menjelaskan dalam turut mengembangkan kopi Papua, KPw BI Papua menempuh berbagai upaya dimulai dari penguatan kelembagaan dengan mendukung pembentukan koperasi produsen kopi, peningkatan kompetensi produksi di sisi hulu melalui penerapan best practice SOP.
 
"Lalu pada perkebunan kopi, optimalisasi pasca panen melalui peningkatan kompetensi serta memfasilitasi sarana dan prasarana yang diperlukan, kemudian membuka wawasan serta pengetahuan penggiat kopi di sisi hilir terkait standar internasional," katanya lagi.
 
Dia menambahkan, kemudian pada pengelolaan laporan keuangan sederhana dan memfasilitasi promosi perdagangan serta business matching kopi Papua dengan potential buyers di dalam dan luar negeri, untuk membuka akses pasar yang lebih luas.
Baca juga: Gubernur Papua harap Festival Kopi 2024 kembangkan industri kopi
Baca juga: Mengenal lebih dekat daerah potensial penghasil kopi di Papua

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024