Harapannya setelah berinovasi bisa diaplikasikan di tempat kerja masing-masing
Jakarta (ANTARA) -
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar berharap ajang "East Jakarta Innovation Days" (EJID)" di bidang kesehatan dapat meningkat mutu dan pelayanan kepada masyarakat.
 
Anwar saat membuka EJID 2024 di Kantor Wali Kota Jaktim, Rabu,  berharap ajang ini melahirkan lebih banyak inovasi yang  dapat diaplikasikan ke masyarakat sehingga lebih mudah mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik.

Baca juga: DKI perlu sediakan lebih banyak RTH guna jaga paru warga
 
"Harapannya setelah berinovasi bisa diaplikasikan di tempat kerja masing-masing, jangan sampai inovasi dibuat tapi tidak diaplikasikan. Kita sebagai Pemerintah Kota memonitor, inovasi yang diciptakan apakah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya di tempat tugas mereka masing-masing," tegas dia.
 
Hingga saat ini, kata Anwar, perkembangan bidang kesehatan di Jakarta Timur sudah baik. Terutama, di tingkat menengah ke bawah, dengan menunjukkan kualitas terbaik dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan.
 
"Sejauh ini kita lihat baik-baik saja, tapi kita harus survei ke lapangan melihat seperti apa tanggapan masyarakat, terutama dari akar rumput (lapisan bawah). Kalau masyarakat menengah ke atas bisa memilih rumah sakit yang berkelas, tapi masyarakat yang menengah ke bawah yang kita perhatikan. Karena itu, dibuat konvensi inovasi bidang kesehatan, bagaimana bisa melayani mereka dengan baik, dengan hati, dan memangkas birokrasi yang berbelit-belit," paparnya.

Baca juga: Ketua KI DKI Jakarta dorong BPJS Kesehatan perkuat kinerja PPID
 
Kegiatan yang mengusung tema East Jakarta Innovation for Quality and Sustainable Healthcare Towards Jakarta Global City atau Inovasi Jakarta Timur untuk Pelayanan Kesehatan Berkualitas dan Berkelanjutan Menuju Jakarta Global City yang berlangsung selama dua hari (2-4 Oktober).
 
Konvensi mutu diikuti perwakilan sepuluh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan, empat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dan lima rumah sakit swasta yang ada di Jakarta Timur.
 
Kegiatan yang menampilkan lomba inovasi di bidang kesehatan adalah upaya Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Jakarta Timur.
 
Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur, Herwin Meifendy menjelaskan tujuan dari kegiatan untuk melihat segala inovasi di setiap fasilitas kesehatan di Jakarta Timur dalam melayani masyarakat, sehingga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan fasilitas kesehatan yang terbaik.

Baca juga: Forum CSR DKI ajak pekerja peduli kesehatan lewat "mini soccer"
 
"Kegiatan ini, tujuannya untuk melihat efektivitas dan efisiensi dari masing-masing layanan, apakah mereka bisa membuat inovasi sehingga bisa memperpendek atau menyederhanakan layanan sehingga masyarakat lebih puas dan lebih cepat dalam penanganan kasus-kasus yang ada di masyarakat," tuturnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024