Setelah penetapan daftar pemilih dan pasangan calon, saat ini kami menggencarkan sosialisasi kepada komunitas dan pemilih berdasarkan segmentasi agar perhelatan pilkada diketahui secara luas
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat (Jakpus) menggencarkan sosialisasi terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 kepada kalangan komunitas dan pemilih berdasarkan segmentasi di wilayahnya.
 
"Setelah penetapan daftar pemilih dan pasangan calon, saat ini kami menggencarkan sosialisasi kepada komunitas dan pemilih berdasarkan segmentasi agar perhelatan pilkada diketahui secara luas," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Jakarta Pusat, Sahat Dohar Manullang saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pengamat harap paslon jujur di debat perdana Pilkada Jakarta
 
KPU Jakpus juga menginstruksikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jakarta Pusat turun langsung kepada komunitas dan segmen pemilih untuk melakukan sosialisasi.
 
Adapun segmen pemilih yang dijangkau dalam sosialisasi KPU Jakpus antara lain pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, kelompok marjinal, komunitas, tokoh agama, kelompok keagamaan, dan warga lainnya.

Baca juga: KPU tetapkan transformasi Jakarta jadi tema debat perdana Pilkada DKI
 
Sahat menyadari sisa waktu kurang lebih dua bulan menuju Pemungutan Suara. Sehingga pihak KPU Jakarta Pusat ingin menjangkau berbagai segmen masyarakat agar partisipasi pengguna hak pilih meningkat.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat menyosialisasikan Pilkada 2024 ke komunitas dan pemilih berdasarkan segmentasi  di Jakarta Pusat pada Senin (30/9/2024). ANTARA/HO-KPU Jakarta Pusat
Menurut sahat partisipasi pemilih di Jakarta Pusat masih di bawah rata-rata partisipasi pemilih se-DKI Jakarta sehingga pihaknya perlu lebih gencar dalam melakukan sosialisasi.
 
Partisipasi pemilih di Jakarta Pusat pada dua kali pemilihan terakhir di bawah rata-rata partisipasi pemilih Provinsi DKI Jakarta. Pemilu 2019, rata-rata partisipasi pemilih di DKI Jakarta 79,28 persen sedangkan di Jakarta Pusat 76,5 persen.
 
Sedangkan pada Pemilu 2024, rata-rata partisipasi pemilih DKI Jakarta 78,7 persen sementara di Jakarta Pusat 73,5 persen.

Baca juga: KPU Jakut giat sosialisasikan pelajar gunakan hak pilih di pilkada
 
KPU Jakarta Pusat menargetkan rata-rata tingkat partisipasi di atas dua kali pemilihan sebelumnya. Menurut Sahat, target tersebut realistis dapat dicapai dengan gencarnya sosialisasi yang akan dilaksanakan.
 
"Target tingkat partisipasi 77 persen ingin kami capai pada pemilihan Pilkada Jakarta tahun ini. Target tersebut akan kami capai dengan menggencarkan sosialisasi selama dua bulan terakhir menuju hari pencoblosan," ucap Sahat.
 
Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Pusat menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada DKI Jakarta 2024 sebanyak 813.721 dengan rincian 410.376 pemilih perempuan dan 403.345 pemilih laki-laki dengan jumlah TPS sebanyak 1.542.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024