Layanan jemput bola adminduk ini kita adakan tidak hanya di sekolah, tapi juga lingkungan permukiman warga
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan menggencarkan pelayanan jemput bola untuk memudahkan pelajar memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).
 
"Kita masih terus proses untuk perekaman KTP-el bagi pemula baik di sekolah, lingkungan, dan loket pelayanan," kata Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Muhammad Nurrahman saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Dukcapil: Tak ada kebocoran data pascapencatutan NIK Pilkada Jakarta
 
Nurrahman mengatakan setiap minggu, petugas Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan  melakukan jemput bola ke setiap sekolah.

Layanan jemput bola ini bertujuan untuk mempermudah pelajar mendapatkan administrasi kependudukan (adminduk) yang lengkap, terutama KTP-el.
 
"Ini menjadi target perekaman kami baik melalui jemput bola di sekolah dan lingkungan RT/RW, pelayanan Sabtu serta pelayanan Rabu petang," ujarnya.

Baca juga: Asalkan ada blankonya, warga Jakarta buat KTP sehari jadi
 
Sementara, sebanyak 107 pelajar SMAN 6 Jakarta, Kebayoran Baru, memanfaatkan layanan jemput bola adminduk yang digelar Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan.
 
"Untuk KTP elektronik bagi pelajar 16 tahun kita lakukan perekaman sidik jari, foto, kornea mata, dan tanda tangan," kata Kepala Sektor Dukcapil Kecamatan Kebayoran Baru, Effa.
 
Effa menjelaskan selain perekaman KTP-el elektronik, juga di dalam layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi para pelajar ber-KTP melalui gawai masing-masing.
 
Menurut dia  layanan jemput bola tersebut akan terus dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, termasuk pelajar.

Baca juga: Dukcapil DKI tunggu Keppres untuk distribusikan 8,3 juta KTP DKJ
 
"Layanan jemput bola adminduk ini kita adakan tidak hanya di sekolah, tapi juga lingkungan permukiman warga. Kami ingin 100 persen warga Jakarta Selatan lengkap adminduk," jelasnya.
 
Sementara itu, salah seorang pelajar kelas X, Zaki (16) mengaku senang karena sangat terbantu dengan adanya layanan jemput bola.
 
"Layanan ini sangat memudahkan kami mendapatkan kelengkapan adminduk. Saya ucapkan terima kasih, petugasnya juga sangat ramah dan informatif sekali," ucap Zaki.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024