Jakarta (ANTARA) - Jajaran TNI menggelar defile atau parade alat utama sistem senjata (alutsista) dalam gladi bersih pertama acara HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu

Dari pantauan ANTARA pukul 09.53 WIB, defile diramaikan dengan menampilkan alutsista TNI.

Beberapa alutsista yang ditampilkan diantaranya Panser V 150 yang dilengkapi senjata M60 Kaliber 7,62 mm milik TNI AD.

Selanjutnya ada Tank Harimau buatan dalam negeri yang juga milik TNI AD. Selain itu, ada roket Astros milik Satuan Artileri Medan (Armed) TNI AD dan meriam Ceaser 155 milik Kostrad TNI AD.

Selanjutnya, alutsista yang juga menyita perhatian saat defile gladi bersih yakni 250 kendaraan taktis Maung milik Kementerian Pertahanan.

Tidak hanya TNI AD, TNI AL juga menunjukkan beragam tank amfibinya seperti Tank BMP-3F dan tank LVT-7. Tidak hanya itu, TNI AL juga menunjukkan alutsista kekuatan udaranya salah satunya helikopter Panther AS 565 MBe.

Terakhir ada TNI AU yang juga menunjukkan beragam kendaraan taktis dan kendaraan tempur milik beberapa satuan, salah satunya milik Kopasgat.

TNI AU juga memamerkan helikopter Super Puma yang mengudara tepat di atas Tugu Monas.

Untuk menutup gladi bersih, TNI AU melakukan simulasi tempur antara satu pesawat musuh dengan dua pesawat milik TNI AU. Dalam simulasi itu, TNI menggunakan pesawat Sukhoi SU-27 SK dan SU-30 MK.

Hingga saat ini, kegiatan gladi bersih yang dilakukan TNI masih berlangsung di silang Monas.

Sebelumnya, jajaran pasukan TNI direncanakan kembali menggelar gladi bersih kedua pada Kamis (3/10) besok.

Gladi bersih itu dilakukan demi memastikan acara puncak yang akan digelar pada Sabtu (5/10) nanti berjalan dengan lancar.

Untuk diketahui, beragam kegiatan akan digelar TNI dalam rangka merayakan HUT Ke-79 TNI yang akan digelar Sabtu mendatang.

Beberapa diantaranya yakni upacara, simulasi dan atraksi yang akan ditunjukkan pada upacara hingga defile alat utama sistem senjata di area Monas dan di sepanjang jalan MH Thamrin (depan Sarinah) Jakarta Pusat.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024