Hamilton (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menegaskan perang habis-habisan di Lebanon harus dihindari dengan segala cara.

Seruan tersebut disampaikan menyusul kecaman atas meningkatnya konflik di Lebanon yang dipicu serangan udara Israel yang telah berlangsung lebih dari seminggu terakhir.

"Sekretaris Jenderal sangat prihatin dengan meningkatnya konflik di Lebanon. Kedaulatan dan integritas teritorial Lebanon harus dihormati,” kata juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, Selasa (1/10).

Guterres telah melakukan panggilan telepon dengan Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati guna memastikan bahwa seluruh sistem PBB di Lebanon digerakkan untuk membantu semua orang yang membutuhkan di negara itu.

"Sekretaris Jenderal mengimbau masyarakat internasional untuk segera mendukung seruan kemanusiaan senilai 426 juta dolar AS (sekitar Rp6,4 triliun) yang diluncurkan hari ini di Beirut," kata Dujarric.​​​​​​​

Guterres juga menekankan komitmennya untuk melanjutkan upaya perundingan dan berjanji bahwa staf PBB di lapangan akan terus berupaya meredakan situasi.

Sejak 23 September, Israel melancarkan serangan udara besar-besaran yang menargetkan kelompok Hizbullah di Lebanon.

Serangan Israel menewaskan lebih dari 1.057 orang dan melukai lebih dari 2.950 orang lainnya, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Beberapa pemimpin Hizbullah tewas dalam serangan itu, termasuk sekretaris jenderal Hassan Nasrallah.​​​​​​​

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam perang lintas perbatasan sejak dimulainya perang Israel di Gaza, yang telah menewaskan hampir 41.600 orang, menyusul serangan lintas perbatasan oleh kelompok Palestina, Hamas, Oktober tahun lalu.

Sumber: Anadolu

Baca juga: PBB mengingatkan memburuknya krisis kemanusiaan dan pengungsi Lebanon
Baca juga: DK PBB gelar sidang darurat soal peningkatan ketegangan Lebanon-Israel
Baca juga: PBB tidak ingin melihat invasi darat apa pun di Lebanon


Penerjemah: Yashinta Difa
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024