Jakarta (ANTARA) - Jajaran TNI dari matra Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) tengah menggelar gladi bersih pertama acara perayaan HUT ke-79 TNI di silang Monas, Jakarta Pusat.

Dari pantauan ANTARA di lokasi pukul 09.25 WIB, tengah berlangsung atraksi pasukan Aeorbatik Jupiter TNI AU.

Terlihat pasukan aerobatik andalan TNI AU ini tengah melakukan beberapa aksi akrobatik di atas tugu Monas dari mulai terbang menyilang hingga membentuk pola "hati"

Setelah pasukan Jupiter TNI AU selesai menunjukkan atraksinya, giliran drumband Gabungan Taruna Akademi Militer melakukan defile atau memamerkan pasukan.

Mereka berbaris dengan rapi di depan panggung utama sambil memainkan alat musik. Setelah itu, ada barusan siswa taruna dari TNI AD, TNI AU dan TNI AL yang melakukan defile di depan panggung utama.

Defile pun dilanjutkan dengan menampilkan beragam pasukan dari masing masing satuan seperti Kopasgat dari TNI AU, Kopassus dari TNI AD, Marinir dari TNI AL dan beragam satuan lainya.

Hingga kini, gladi bersih untuk persiapan acara HUT ke-79 TNI masih berlangsung. Sebelumnya, jajaran pasukan TNI direncanakan akan kembali menggelar gladi bersih ke dua pada Kamis (3/10) besok.

Gladi bersih itu dilakukan demi memastikan acara puncak yang akan digelar pada Sabtu (5/10) nanti berjalan dengan lancar.

Untuk diketahui, beragam kegiatan akan digelar TNI dalam rangka merayakan HUT ke-79 TNI yang akan digelar Sabtu mendatang.

Beberapa diantaranya yakni upacara, simulasi dan atraksi yang akan ditunjukkan pada upacara hingga defile alat utama sistem senjata di area Monas dan di sepanjang jalan MH Thamrin (depan Sarina) Jakarta Pusat.
Baca juga: TNI siapkan 1.000 lebih alutsista untuk berparade saat HUT di Monas
Baca juga: DKI imbau kantor di Sudirman-Thamrin kerja dari rumah saat HUT TNI
Baca juga: TNI AL siapkan jajaran rudal dan senjatanya untuk parade HUT TNI

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024