Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo memberikan dukungannya kepada Timnas Rugby Putri Indonesia yang akan berlaga di Asia Rugby Sevens Trophy 2024 di Kathmandu, Nepal pada 4 hingga 6 Oktober.

“Partisipasi Timnas Rugby Putri di ajang internasional ini merupakan langkah penting untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Kami di Kemenpora mendukung sepenuhnya perjuangan mereka,” kata Menpora Dito dikutip dari laman resmi Kemenpora, Rabu.

Timnas Rugby Putri Indonesia akan berangkat ke Nepal hari ini untuk mengikuti turnamen yang menampilkan 14 tim putra dan delapan tim putri dari berbagai negara. Indonesia akan berlaga di kategori putri bersama Guam, India, Iran, Nepal, Filipina, Sri Lanka, dan Uzbekistan.

Sedangkan tim putra yang berkompetisi meliputi Afghanistan, Bahrain, Bangladesh, Tionghoa Taipei, India, Yordania, Kazakhstan, Nepal, Pakistan, Filipina, Qatar, Arab Saudi, Sri Lanka, dan Uzbekistan.

Turnamen ini menjadi ajang penting bagi para tim untuk memperebutkan promosi ke Asia Rugby Emirates Sevens Series 2025.

Ketua Umum PB PRUI Didik Mukrianto menyampaikan persiapan matang telah dilakukan, termasuk pengalaman dari PON 2024.

Baca juga: Menpora dan Dubes Rusia bahas kemungkinan kerja sama bidang olahraga

“Alhamdulillah, dengan persiapan matang di PON kemarin, saya yakin tim putri kita tidak akan mengecewakan. Dukungan dari Mas Menpora adalah amunisi luar biasa untuk berjuang lebih gigih lagi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Didik menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menpora Dito atas dukungan yang tak pernah putus bagi perkembangan olahraga rugby di Indonesia, terutama bagi para atlet muda yang siap bersaing di kancah internasional.

“Terima kasih banyak kepada Mas Menpora atas dukungan yang tiada henti. Semoga tim putri kita bisa tampil maksimal dan membawa pulang prestasi yang membanggakan bagi Indonesia,” tutup Didik.

Baca juga: Menpora nilai Indonesia berpeluang jadi tuan rumah Olimpiade 2036
Baca juga: Tim rugby 7s DKI Jakarta kawinkan medali emas putra dan putri

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024