kegiatan vaksinasi ini gratis dan dilaksanakan dengan jemput bola
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menggiatkan vaksinasi hewan penular rabies (HPR) untuk mempertahankan status Jakarta sebagai provinsi bebas rabies.
 
"Kegiatan ini dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies sesuai Keputusan Menteri Pertanian Nomor 566/Kpts/PD.640/10/2004 tentang Pernyataan Provinsi DKI Jakarta Bebas Rabies," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Dinkes: Cuci luka dengan sabun fase penting usai tergigit hewan rabies
 
Penty mengaku akhir September KPKP Jakpus melakukan vaksinasi sebanyak 60 HPR di pos RW 05, Jalan B Raya, Karang Anyar, Sawah Besar.
 
Kegiatan vaksinasi HPR diperuntukkan bagi hewan peliharaan warga seperti monyet, kucing, anjing dan musang. Dalam kegiatan total sebanyak 60 HPR terdiri dari 48 ekor kucing dan 12 ekor anjing.
 
"HPR yang divaksinasi milik  19  warga RW 05 Kelurahan Karang Anyar," ujar Penty.

Baca juga: Kepulauan Seribu tekan potensi penularan rabies melalui vaksinasi
 
Sementara itu, Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Herawati menjelaskan kegiatan vaksinasi ini gratis dan dilaksanakan dengan jemput bola di pos RW 05 Kelurahan Karang Anyar, mulai pagi hingga siang.
 
"Kita langsung datang, jadi memang vaksinasi ini bertujuan agar khususnya wilayah Jakarta Pusat bisa bebas rabies. Vaksinasi HPR ini bagi peliharaan warga di wilayah RW 05 Karang Anyar," ujar Hera.
 
Adapun upaya lain untuk mempertahankan status bebas rabies dengan cara melakukan sterilisasi, memperketat lalu lintas hewan, tindak lanjut kasus gigitan hewan penular rabies (GHPR), pengendalian HPR, serta komunikasi, informasi dan informasi (KIE) kesehatan ke masyarakat.

Baca juga: Vaksinasi rabies di Jakarta Timur mencapai 80,2 persen 
 
Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat melaporkan telah memberikan vaksin terhadap 2.546 HPR hingga Agustus 2024.
 
"Rekap dari Januari sampai Agustus 2024 itu sudah ada 2.546 hewan penular rabies yang divaksin dari target 5.600 hewan untuk tahun 2024 di delapan kecamatan," kata Penty sebelumnya.
 
Sebanyak 2.546 hewan penular rabies yang sudah divaksin tersebut terdiri dari 2.072 kucing, 449 anjing, 13 kera dan 12 musang.
 
Vaksinasi HPR ini dilakukan secara bergilir di 44 kelurahan dari delapan kecamatan di Jakarta Pusat dan dilakukan melalui layanan jemput bola dengan mendatangi kawasan permukiman padat penduduk.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024