Nanning (ANTARA) - Ketika saya memasuki venue China-ASEAN Expo (CAExpo) yang luas di Nanning, ibu kota Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, saya dikejutkan oleh suasana yang ramai dan pertukaran yang dinamis di berbagai bidang antara kedua belah pihak.

Mengenakan sepatu kets (sneaker) yang nyaman, saya menjelajahi CAExpo ke-21 yang digelar dari 24 hingga 28 September di area seluas kurang lebih 200.000 meter persegi. Acara tersebut diikuti oleh lebih dari 3.000 perusahaan dari dalam maupun luar China.

Indra penciuman saya menangkap berbagai macam aroma. Rangkaian produk pameran yang menarik, seperti durian, kopi, dan minyak esensial, mencuri perhatian saya.

Saya menjejalkan diri ke dalam kerumunan orang di depan sebuah stan pameran di paviliun Malaysia, mengulurkan tangan untuk mengambil sampel berbagai hidangan durian, mulai dari es krim yang lembut hingga piza yang baru saja dikeluarkan dari pemanggang.

Selagi menikmati cita rasa piza yang khas, saya berbincang singkat dengan Chay Hong Choong, seorang peserta pameran asal Malaysia yang baru pertama kali mengikuti CAExpo. Dia bertanya apakah produknya akan diterima dengan baik di pasar China. Saya dapat merasakan keinginannya yang tulus untuk mengetahui perspektif saya sebagai konsumen China, serta ambisinya ketika dia menyebutkan bahwa perusahaannya telah membuka sebuah restoran bertema durian di China tahun ini.

Chay Hong Choong tidak perlu khawatir restorannya akan terabaikan, karena dengan populasi lebih dari 1,4 miliar jiwa, selera masyarakat China terhadap buah yang beraroma tajam itu terus meningkat.

Data bea cukai menunjukkan bahwa China mengimpor sekitar 1,43 juta ton durian segar pada 2023, meningkat lebih dari 70 persen secara tahunan (year on year/yoy). China telah memberikan lampu hijau untuk impor durian segar dari Thailand, Vietnam, Filipina, dan Malaysia ke pasarnya yang luas.

Ketika mengunjungi paviliun Vietnam, saya bertemu dengan Chen Yingxiu (73), seorang pengunjung asal China yang menanyakan harga sepasang sandal. Sebagai pengunjung setia CAExpo selama lima tahun terakhir, dia sangat mengenal barang-barang rumah tangga yang dipamerkan.

Namun, Chen Yingxiu mungkin tidak begitu familier dengan area pameran baru tahun ini yang didedikasikan untuk industri-industri strategis yang sedang berkembang pesat (emerging). Area pameran baru ini menampilkan tren-tren terkini dalam bidang teknologi digital, energi baru, dan kendaraan terhubung cerdas.
 
Sebuah pesawat berawak dipamerkan di Pameran Tiongkok-ASEAN ke-21 di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China selatan, pada 26 September 2024. Teknologi dan aplikasi baru seperti robot cerdas, kendaraan tak berawak, dan aplikasi AI semakin populer di China yang sedang berlangsung. -ASEAN Expo di Nanning. ANTARA/Xinhua/Huang Xiaobang



Di area ini, saya melihat banyak elemen teknologi tinggi, antara lain sebuah robot elegan yang membacakan puisi China kuno sembari berinteraksi dengan terampil dengan para penonton, sebuah robot anjing berkaki empat yang dirancang untuk berpatroli di lingkungan yang berbahaya, dan sebuah pesawat berawak berbentuk piring.   

Di depan sejumlah model kereta, saya bertemu dengan Bunjong Polkhun dari Banphai Industrial and Community Education College di Thailand. Bunjong mengatakan kepada saya bahwa sejak 2012, mahasiswa mereka datang ke China untuk mendapatkan keterampilan kejuruan di bidang transportasi. Para mahasiswa ingin meningkatkan konektivitas antara China dan negara-negara ASEAN setelah lulus.

Makin banyak zona pameran yang menampilkan teknologi digital, produk teknologi tinggi negara-negara ASEAN, pertukaran budaya China-ASEAN, produk ramah lingkungan dan rendah karbon, serta perusahaan-perusahaan inovatif, didirikan untuk pertama kalinya pada gelaran tahun ini.

Wang Longlin, seorang staf dari sebuah perusahaan investasi ekonomi ketinggian rendah bernama Beitou, mengatakan kepada saya bahwa pesawat berawak berbentuk piring tersebut dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal di atas air.

"Pesawat ini dapat menjadi alat transportasi umum untuk transportasi ketinggian rendah di masa depan," ujar Wang, seraya menambahkan bahwa produk mereka dapat beradaptasi dengan berbagai medan yang rumit, seperti pulau-pulau, daerah pegunungan, dan hutan. Perusahaannya pun tengah berekspansi ke pasar ASEAN.
 
Pengunjung membeli durian Malaysia saat Pameran China-ASEAN ke-21 di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China selatan, 28 September 2024. Produk-produk dari negara-negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), seperti durian, kue kering, dan kayu rosewood, juga sama halnya dengan sosis dari negara lain, termasuk sosis Rusia dan boneka mainan bulu alpaka Peru, yang menikmati popularitas di Pameran China-ASEAN ke-21 di Nanning. ANTARA/Xinhua/Zhou Hua 


 Di depan sejumlah model kereta, saya bertemu dengan Bunjong Polkhun dari Banphai Industrial and Community Education College di Thailand. Bunjong mengatakan kepada saya bahwa sejak 2012, mahasiswa mereka datang ke China untuk mendapatkan keterampilan kejuruan di bidang transportasi. Para mahasiswa ingin meningkatkan konektivitas antara China dan negara-negara ASEAN setelah lulus

Setelah menghadiri CAExpo ke-21, saya sangat terkesan dengan energi dinamis yang mengalir antara China dan negara-negara ASEAN. Kerja sama ekonomi yang dinamis dan pertukaran budaya terlihat jelas di mana-mana.

Sungguh menginspirasi untuk menyaksikan bagaimana China dan negara-negara ASEAN membina kolaborasi, berbagi ide, dan membangun kemitraan yang langgeng. Pameran tersebut tidak hanya memamerkan beragam produk, tetapi juga menyoroti hubungan mendalam yang terus berkembang, yang mencerminkan komitmen bersama untuk pertumbuhan dan kemakmuran timbal balik.


Penulis Xinhua Zhang Zhuowen

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024