“Jadi ya ada sedikit beban, tetapi ada sedikit excitement, kesenangan, dan happy aja, excited,”
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Nafa Urbach mengaku pengucapan sumpah/janji anggota DPR/DPD/MPR RI periode 2024-2029 bukan sekadar janji ke masyarakat, tetapi juga kepada tuhan.

“Jadi ya ada sedikit beban, tetapi ada sedikit excitement, kesenangan, dan happy aja, excited,” kata Nafa usai mengikuti Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR/DPD/MPR RI Periode 2024–2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa terdapat sejumlah isu yang menjadi fokusnya saat menjadi anggota dewan selama lima tahun mendatang, yakni kebudayaan, pariwisata, dan pendidikan.

“Karena selama ini kan beberapa diskusi-diskusi yang memang kita bahas ya itu,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa isu pendidikan menjadi perhatiannya karena berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia, sehingga beberapa hal perlu ditinjau kembali.

“Dari kurikulum, terus dari zonasi tempat sekolah, bangunan sekolah dari SD, SMP, SMA harus ada, terus dari Undang-Undang Sisdiknas (UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional) juga perlu,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan ketidakpercayaan masyarakat terhadap kinerja selebritas yang menjadi anggota dewan, dia meminta masyarakat untuk menunggu kinerjanya. Terlebih, dia menargetkan ditempatkan di Komisi X DPR RI dengan ruang lingkup pada pendidikan, riset, olahraga, dan kepariwisataan.

“Nanti kita lihat aja ke depannya seperti apa. Toh sekarang ini banyak sekali teman-teman selebritas yang jadi anggota dewan, kinerjanya juga sangat luar biasa gitu kan. Jadi, sebenarnya itu enggak bisa kami kasih tahu sekarang. Jadi, tinggal tunggu saja kinerja kami ke depannya seperti apa,” jelasnya.

Sebanyak 580 orang anggota DPR RI terpilih dan 152 orang anggota DPD RI terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang Hasil Pemilu 2024 Periode 2024–2029 dilantik menjadi wakil rakyat pada Selasa di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Calon anggota DPR terpilih yang dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan calon anggota DPD RI terpilih bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan periode sebelumnya.

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, partai politik yang lolos ke Senayan adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024