Seluruh rangkaian GIIAS The Series bertujuan tidak hanya menjadi platform untuk menampilkan inovasi terbaru dari merek yang berpartisipasi.
Semarang (ANTARA) - Sebanyak 18 merek atau produsen otomotif bakal memeriahkan seri rangkaian pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah.

Bertempat di Muladi Dome, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, 23-27 Oktober 2024, para produsen otomotif itu akan menampilkan produk-produk yang menjadi unggulannya.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, di Semarang, Selasa, menyampaikan bahwa pemilihan Semarang sebagai lokasi penutup rangkaian penyelenggaraan GIIAS The Series tahun ini didorong oleh daya tarik kota ini dalam pasar otomotif nasional.

Berdasarkan data sebaran kendaraan bermotor Gaikindo, Jateng tercatat menduduki posisi kelima dalam pencapaian sebaran otomotif nasional pada periode Januari-April 2024, dengan kontribusi hampir 6,6 persen dari total capaian di Indonesia.

"Seluruh rangkaian GIIAS The Series bertujuan tidak hanya menjadi platform untuk menampilkan inovasi terbaru dari merek yang berpartisipasi, tetapi juga memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan industri otomotif di kota penyelenggaraannya, yang kali ini adalah dengan penyelenggaraan GIIAS Semarang," katanya.

Rangkaian seri GIIAS 2024 telah dimulai pada Juli lalu diawali dari Tangerang (Banten), kemudian Surabaya (Jawa Timur), dan Bandung (Jawa Barat). Kemudian, ditutup penyelenggaraannya di Semarang.

Penyelenggaraan GIIAS Semarang yang ketiga kalinya di tahun 2024, ujar dia lagi, akan hadir berbeda dari dua penyelenggaraan sebelumnya dengan mengusung konsep "New Location, More Brands, and Endless Innovation".

Pameran GIIAS Semarang 2024 memang diselenggarakan di lokasi baru yang lebih luas dan dengan fasilitas lebih nyaman, yaitu Muladi Dome Undip, Semarang, dengan total area yang digunakan mencapai 9.000 meter persegi.

Chief Operating Officer Seven Event Agus Riyadi mengatakan bahwa GIIAS Semarang dapat lebih mengakomodasi antusiasme peserta dengan hadirnya di lokasi baru dengan area yang lebih besar.

"Kami dapat mengakomodir antusiasme peserta, untuk membawa berbagai kendaraan dengan teknologi dan inovasi terbaru serta memberikan kenyamanan lebih bagi pengunjung saat menjelajahi area pameran," katanya.

Dengan lokasi yang lebih besar, pameran GIIAS Semarang juga akan menghadirkan total merek yang berpartisipasi lebih lengkap dengan total 18 merek kendaraan bermotor, mulai dari jenis kendaraan penumpang seperti BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Kemudian, kendaraan komersial, yaitu Toyota Commercial, sementara kendaraan roda dua akan hadir Alva, Excotic, Pacific, dan Polytron.

Selain itu, lebih dari 20 merek industri pendukung otomotif juga turut meramaikan GIIAS Semarang 2024.

Dari merek-merek yang berpartisipasi, ada enam merek hadir perdana dalam penyelenggaraan GIIAS Semarang 2024, di antaranya dari kendaraan penumpang yaitu BYD, Citroen, GAC Aion, dan MG, sedangkan dari kendaraan roda dua yaitu Alva dan Polytron.

Selain berkesempatan berinteraksi langsung dengan perwakilan merek untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk, pengunjung dapat menjajal langsung unit kendaraan di area "test drive" dan "test ride" yang sudah disediakan pada saat penyelenggaraan pameran.
Baca juga: GIIAS Bandung 2024 harus perkuat pertumbuhan industri minim emisi
Baca juga: GIIAS Bandung 2024 diyakini beri kontribusi signifikan ekonomi Jabar

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024