Jakarta (ANTARA) - Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menyelenggarakan Pameran Batik Tuban koleksi Museum Tekstil dan Yayasan Batik Indonesia dengan tema “Bangga Berbatik: Pesona Batik Tuban” di Museum Tekstil, Jalan KS Tubun, Jakarta Barat.

Pameran yang digelar dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional tahun 2024 itu berlangsung pada Selasa 1 Oktober hingga Minggu (6/10) pukul 09.00 sampai 15.00 WIB.

“Pameran ini menyajikan 83 helai koleksi kain Batik Tuban yang dimiliki Museum Tekstil, Yayasan Batik Indonesia dan para kolektor Batik,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana di Jakarta, Selasa.

Iwan menjelaskan, Tuban merupakan salah satu sentra batik yang istimewa karena seluruh proses pembuatan batik dikerjakan di sana, mulai dari menanam kapas, dipanen, dipintal menjadi benang, ditenun menjadi kain, dibatik dan diwarnai hingga menjadi kain batik.

Iwan mengatakan kearifan dan keahlian masyarakat Tuban perlu untuk diapresiasi dan menjadi inspirasi bagi generasi muda agar turut dalam melestarikan budaya bangsa, yakni batik.

Baca juga: Puluhan warga binaan Lapas Cipinang dapat pelatihan membatik
Baca juga: Masuk Museum Batik Indonesia gratis


Ia juga menyampaikan, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) menjadi isu penting dalam setiap penciptaan karya seni, tidak terkecuali dengan batik Indonesia yang sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda yang diakui dunia oleh Unesco.

Iwan menjelaskan, perlindungan negara terhadap kekayaan intelektual batik yang berasal dari daerah tertentu dengan Indikasi Geografis Batik melalui Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

"Setelah Batik Nitik Yogyakarta, Batik Complongan Indramayu, Batik Besurek Bengkulu dan Sarung Batik Pekalongan, Batik Tuban akan segera mendapatkan Indikasi Geografis Batik,” kata Iwan.

Rangkaian kegiatan pameran ini akan dimeriahkan dengan beberapa acara di antaranya seminar Batik Tuban dan workshop membatik bagi siswa-siswi sekolah.

Pameran ini pun didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Museum dan Taman Budaya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia (YBI).

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024