saya kira tugas kami di DPR mengawal program pemerintahan ke depan yang tertuang dalam Asta Cita
Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI periode 2024–2029 Sigit Purnomo atau Pasha berjanji memperjuangkan isu-isu di luar penempatan komisinya nanti.

"Kalau ditugaskan di Komisi I, misalnya, tidak berkaitan dengan kesehatan, tetapi kan tidak mungkin kami menghindar dari persoalan-persoalan yang ada di dapil (daerah pemilihan) kami, khususnya kesehatan," kata Pasha usai mengikuti Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR/DPD/MPR RI Periode 2024–2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Selain itu, dia mencontohkan juga akan menyuarakan aspirasi masyarakat mengenai infrastruktur, meskipun nantinya tidak ditempatkan di Komisi V DPR RI.

Saat ini, sejumlah ruang lingkup Komisi V adalah infrastruktur, transportasi, hingga daerah tertinggal dan transmigrasi.

"Kami ini pada prinsipnya tidak akan memilah-milah persoalan yang ada di lapangan, terutama di dapil kami," ujarnya.

Baca juga: Uya Kuya: Kasih kesempatan dahulu untuk artis yang terpilih

Oleh sebab itu, Pasha mengatakan bahwa untuk isu yang akan menjadi fokusnya disesuaikan dengan kemitraan penempatan komisinya nanti.

Ia menyatakan siap ditempatkan di komisi mana pun sebab pernah berpengalaman di bidang eksekutif, yakni sebagai Wakil Wali Kota Palu periode 2016–2021.

Pasha juga menyatakan siap mendukung pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Ya saya kira tugas kami di DPR mengawal program pemerintahan ke depan yang tertuang dalam Asta Cita, delapan program prioritas utama, khususnya terkait pemberian makanan bergizi kepada anak-anak usia dini," katanya.

Baca juga: Verrel siap mengawal isu anak muda di DPR RI periode 2024–2029

Sebanyak 580 orang anggota DPR RI terpilih dan 152 orang anggota DPD RI terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang Hasil Pemilu 2024 Periode 2024–2029 dilantik menjadi wakil rakyat pada Selasa di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Calon anggota DPR terpilih yang dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan calon anggota DPD RI terpilih bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan periode sebelumnya.

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, partai politik yang lolos ke Senayan adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

Baca juga: Once komit perjuangkan isu industri kreatif dan budaya di DPR RI
Baca juga: Puan kembali ditetapkan jadi Ketua DPR untuk 2024-2029
Baca juga: Ketua MA pandu pengucapan janji anggota DPR RI periode 2024-2029

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024