Tamiang Layang (ANTARA) - Sebanyak 183 mahasiswa berprestasi dan kurang mampu di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, menerima bantuan sosial pendidikan dari pemerintah kabupaten setempat.

"Bantuan ini diberikan untuk mendukung biaya pendidikan mereka selama menempuh studi,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Barito Timur Misnohartaku di Tamiang Layang, Selasa.

Menurut dia, penyaluran bantuan sosial ini dilakukan sesuai dengan kategori penerima, dengan nilai bantuan yang bervariasi. Untuk penyalurannya sesuai jadwal setelah penandatanganan dokumen penerima bantuan.

Pemerintah daerah, katanya, telah membuat surat pemberitahuan yang disampaikan kepada masing-masing camat dan kepala desa se-Kabupaten Barito Timur.

Baca juga: Gubernur salurkan bantuan pendidikan Kalteng Berkah Rp8 miliar lebih 

"Hal ini bertujuan agar semua kecamatan dan desa dapat menyampaikan informasi terkait bantuan pendidikan dari Pemerintah Kabupaten Barito Timur," katanya.

Dia mengatakan, dalam penandatanganan dokumen dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan Kamis (3/10) untuk para mahasiswa yang berdomisili di Kecamatan Dusun Timur, Karusen Janang, Pematang Karau, Paku, dan Paju Epat.

Tahap kedua dijadwalkan Jumat (4/10) untuk para mahasiswa dari Kecamatan Benua Lima, Raren Batuah, Dusun Tengah, Patangkep Tutui, dan Awang.

Baca juga: Gubernur Kalteng salurkan beasiswa bagi lebih 13 ribu mahasiswa

"Total anggaran bantuan sosial untuk mahasiswa ini mencapai Rp949 juta," kata dia.

Misnohartaku mengatakan dana tersebut dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2024. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan mereka dan menjadi motivasi bagi mereka untuk terus berprestasi.

Bantuan ini, menurut dia, merupakan bagian dari upaya dan komitmen Pemkab Barito Timur dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berprestasi.

Baca juga: Kalteng menyasar 20 ribu mahasiswa dalam Tabungan Beasiswa Berkah

"Pemerintah Kabupaten Barito Timur berharap dengan adanya dukungan ini mahasiswa penerima bantuan dapat lebih fokus dalam menjalani proses belajar dan meraih kesuksesan akademik," ujar Misnohartaku.

Pewarta: Kasriadi/Habibullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024