Pimpinan DPR definitif yang akan dilantik pada pukul 19.00 WIB, malam ini
Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Anggaran DPR RI periode 2019-2024 Said Abdullah mengungkapkan bahwa paket nama-nama pimpinan DPR RI sudah mencapai keputusan final.

Dia mengatakan Puan Maharani akan menjadi Ketua DPR RI untuk periode kedua. Said juga menyebutkan sederet nama yang akan menempati kursi Wakil Ketua DPR RI.

"Pimpinan DPR definitif yang akan dilantik pada pukul 19.00 WIB, malam ini, insya-Allah kalau tidak salah kelima paket pimpinan ini adalah Mbak Puan Maharani Ketua DPR-nya, Pak Dasco Wakil Ketua DPR, Pak Adies Kadir Wakil Ketua DPR, Bapak Saan Mustopa Wakil Ketua DPR, dan terakhir Bapak Riza dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR," ujar Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan Partai Gerindra akan tetap menugaskan Sufmi Dasco Ahmad yang juga merupakan Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Sementara itu, Partai Golkar Golkar akan menempatkan Adies Kadir, Partai NasDem menugaskan Saan Mustopa, dan dari PKB mantan Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza.

Baca juga: Legislator: Pimpinan DPR harus serius perjuangkan RUU PPRT

Baca juga: Surya Paloh sebut Saan Mustopa jadi pimpinan DPR mewakili NasDem

Baca juga: Guntur Sasono-Annisa Mahesa jadi pimpinan sementara DPR 2024-2029


Di lain sisi, Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat RI periode 2019–2024 Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan bahwa Ketua DPR RI periode 2024–2029 rencananya diumumkan pada Selasa malam ini.

"Tadi sudah dibahas, sudah disusun agendanya melalui sekretariat, sudah diumumkan. Insya-Allah nanti malam sih mungkin kita sudah tahu siapa yang akan jadi pimpinan DPR," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Doli menegaskan penentuan ketua DPR merujuk pada Undang-Undang MPR, DPR, DPD, DPRD atau UU MD3. Apabila merujuk UU MD3, jatah ketua DPR adalah milik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai pemenang Pemilihan Umum Legislatif tahun 2024.

Namun, ia menambahkan sosok yang akan menjadi ketua DPR RI periode lima tahun mendatang merupakan ranah PDIP.

Berdasarkan UU MD3 maka partai peraih kursi terbanyak di DPR akan menjadi pimpinan DPR. Pemilu 2024, peraih kursi terbanyak adalah PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, dan Partai NasDem.

Sementara itu, PDIP menyatakan bulat mendukung Puan Maharani untuk menduduki kembali kursi Ketua DPR RI periode 2024–2029.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024