Kuningan (ANTARA) - Desa Cibuntu di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berhasil meraih penghargaan sebagai Juara V untuk kategori Desa Maju/Mandiri dalam ajang Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN), Penggerak Swadaya Masyarakat dan Tenaga Pendamping Profesional 2024.

“Kami sudah menerima langsung penghargaan tersebut pada Sabtu (28/9). Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi (Kemendes PDTT),” kata Penjabat (Pj) Bupati Kuningan Iip Hidajat dalam keterangannya di Kuningan, Selasa.

Ia menjelaskan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan dedikasi pemerintah daerah, dalam membina Desa Cibuntu sebagai salah satu desa wisata unggulan di Kuningan.

Menurutnya, pencapaian ini bisa menjadi momentum yang tepat untuk mempromosikan desa wisata tersebut agar lebih dikenal luas di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Apalagi, kata dia, Pemerintah Kabupaten Kuningan menargetkan bisa mendatangkan 6 juta turis ke daerahnya sampai akhir 2024. Sebab target kunjungan 4 juta turis sudah tercapai pada akhir Agustus lalu.

“Penghargaan ini menunjukkan pariwisata di Kuningan terus berkembang dan semakin dikenal luas. Ke depan, kami berupaya mendatangkan lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Kuningan,” ujarnya.

Iip menuturkan tujuan diselenggarakannya lomba tersebut yakni untuk mendorong desa-desa di seluruh Indonesia, termasuk di Kuningan, agar mengoptimalkan potensi yang dimiliki khususnya pada sektor pariwisata.

Dengan begitu, lanjut dia, desa wisata bisa menjadi tumpuan bagi masyarakat setempat untuk memperoleh pemasukan yang cukup dari adanya aktivitas pariwisata.

“Kami mendorong agar desa wisata di Kuningan bisa menjadi sumber pendapatan desa yang berkelanjutan,” tuturnya.

Iip menambahkan bahwa prestasi ini dapat menginspirasi desa-desa lain di Kabupaten Kuningan, dalam mengembangkan potensi wisata dan memperkuat sektor pariwisata di tingkat lokal.

Baca juga: Menparekraf gandeng artis Cinta Laura promosikan Desa Cibuntu Kuningan

Baca juga: Desa Wisata Cibuntu Kuningan kedepankan konsep Sapta Pesona


Dia menyampaikan Kuningan memiliki keunggulan dibandingkan kota dan kabupaten lain di Jawa Barat, karena memiliki panorama alam yang indah sehingga bisa menarik lebih banyak kunjungan turis ke depannya.

“Selain Desa Cibuntu, penghargaan juga diberikan kepada Indra Permana yang berhasil meraih Juara III dalam kategori Pendamping Desa Inspiratif. Ini bisa menjadi modal besar kami dalam memajukan sektor pariwisata,” ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024