Jakarta (ANTARA) -
Anggota DPR RI Periode 2024–2029 Aboe Bakar Alhabsyi mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk menjadikan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai kesempatan memperkuat persatuan bangsa.
 
“Mari kita jadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen untuk memperkuat persatuan dan meneguhkan komitmen dalam menjaga keutuhan NKRI," katanya dalam keterangan di Jakarta, Selasa, menanggapi peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap 1 Oktober.
 
Dia menekankan bahwa memahami sejarah mengenai Hari Kesaktian Pancasila langkah penting dilakukan setiap anak bangsa guna menjaga keutuhan bangsa dan menumbuhkan semangat nasionalisme serta komitmen tetap menjunjung tinggi Pancasila.
 
Ia mengatakan Pancasila sebagai dasar negara merupakan pedoman bagi bangsa Indonesia, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun setiap pembentukan kebijakan publik.
 
Menurut dia, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus terus diperjuangkan dan dipraktikkan setiap anak bangsa demi mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.
 
Dia mengajak seluruh masyarakat Indonesia merenungkan kembali makna penting peringatan bersejarah tersebut.

Baca juga: Nadiem: Peserta didik kini dapat gali Pancasila lewat sastra dan film 

Menurut dia, Hari Kesaktian Pancasila tidak hanya menjadi pengingat atas keberhasilan bangsa Indonesia mempertahankan ideologi Pancasila, tetapi juga refleksi terhadap bahaya laten atau tersembunyi dari komunisme.
 
“Ini menunjukkan bahwa Pancasila menjadi benteng utama dalam melindungi bangsa ini dari pengaruh ideologi asing yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan. Peringatan ini sangat penting, terutama bagi generasi muda, untuk memahami bahwa Hari Kesaktian Pancasila adalah momentum bersejarah yang menjadi titik balik dari gerakan G30S/PKI," ujar dia.
 
Sejalan dengan persoalan komunisme itu, Aboe mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai bahaya laten komunisme yang masih bisa muncul dalam bentuk lain.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dan latar belakang sejarah
Baca juga: Jokowi ingatkan Hari Kesaktian Pancasila amanah yang terus dijaga

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024